Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Agu 2020 22:18 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Batu Kuda Manglayang Mulai Ramai Didatangi Wisatawan

Siti Fatimah
detikTravel
Batu Mangunan
Wisata Batu Kuda Manglayang Foto: (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Hutan pinus Batu Kuda Manglayang merupakan salah satu tempat wisata di Bandung. Pesona alam yang asri dengan objek hutan pinus jadi daya tarik wisatawan berkunjung.

Berlokasi di Kampung Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung, wisatawan mulai ramai berdatangan ke tempat wisata ini, baik yang berpasang-pasangan atau rombongan keluarga. Rata-rata pengunjung datang di waktu siang hingga sore untuk melihat matahari terbenam. Ragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan seperti foto selfie, 'botram' (makan bersama), hiking dan hammocking.

Batu MangunanBatu Manglayang Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Tempat wisata yang buka sejak tahun 1982 ini menawarkan pemandangan hutan pinus dan udara sejuk khas pegunungan. Berdiri di 1818 meter di atas laut (mdpl) cukup membuat siapa yang datang kesana kedinginan, jadi pastikan menggunakan pakaian hangat.

Wisatawan cukup merogoh kocek Rp 7.500 untuk tiket masuk. Pastikan selama masa AKB ini, masker dan protokol kesehatan lainnya tetap digunakan karena akan menjadi syarat masuk ke Batu Kuda Manglayang.

Batu MangunanBatu Manglayang Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Wakil Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Heri mengatakan, tempat wisata milik Perhutani ini sudah mulai mengalami peningkatan pengunjung setelah tiga bulan tutup saat PSBB.

"Mulai 13 Juni sudah buka, setiap Sabtu-Minggu (akhir pekan) ada peningkatan. Seharinya bisa 200 orang, kebanyakan pengunjung dari warga lokal," kata Heri saat ditemui detikcom, Selasa (4/8/2020).

Batu MangunanBatu Manglayang Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Dia mengatakan, fasilitas yang tersedia di sana seperti lahan parkir, MCK, mushola, dan lahan camping. Namun, selama masa AKB wisatawan belum diperbolehkan untuk camping. "Belum bisa camping, untuk camping belum bisa sementara waktu," ujarnya.

Salah seorang pengunjung dari Rancakalong Dago, Hafidz Aji (19) bersama enam orang temannya menuturkan, sudah berkunjung ke Batu Kuda Manglayang sebanyak tiga kali. Kunjungan wisatanya kali ini untuk naik ke puncak Gunung Manglayang dari pagi tadi dan baru turun sore hari.

"Tadinya kita mau camp (berkemah) tapi katanya belum boleh jadi kita naik ke puncak aja," ujarnya.

"Perubahan tentu ada, sekarang lingkungannya lebih bersih, tertata, dan rapi. Ditambah kunjungan wisatawannya juga lebih banyak, jadi rame tidak terlalu sepi," pungkasnya.

Selama masa AKB, pihak pengelola tempat wisata memberlakukan pembatasan jam operasional dari pukul 05.00 sampai 17. 00 WIB. Pengunjung yang datang pun diwajibkan menggunakan masker di Batu Kuda Manglayang.



Simak Video "Menikmati Udara Segar di Wisata Alam Hutan Pinus Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA