Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Agu 2020 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Mendaki Gunung Bakal Lebih Menguras Dompetmu

Femi Diah
detikTravel
Gunung Prau
Protokol kesehatan harus diterapkan saat mendaki gunung. (hudanhr_/d'traveler)
Jakarta -

Pandemi virus Corona menuntut warga dunia beradaptasi dengan kebiasaan baru. Termasuk, pendakian gunung yang bakal membutuhkan dana ekstra.

Protokol kesehatan juga wajib diterapkan saat mendaki gunung. Sebab, risiko tertular COVID-19 bisa terjadi di manapun.

Pendaki dan guide pun sama-sama diminta untuk menambah perbekalan saat pendakian gunung pada era new normal dengan perlengkapan pelindung diri. Di antaranya, masker atau face shield dan hand sanitizer, serta perlengkapan kebersihan lain yang ramah lingkungan.

Kuota pendakian juga bakal dipangkas. Begitu pula dengan jatah penghuni tenda. Menjaga jarak pendaki satu dengan yang lain juga sebisa mungkin diminta untuk dijalankan.

Bukan cuma peralatan tambahan yang membuat pendaki harus menambah bujet, namun pembengkakan biaya transportasi juga perlu diperhitungkan.

"Biaya untuk pendakian gunung menjadi membengkak dengan penerapan protokol kesehatan dalam pendakian gunung. Pembengkakan itu terutama pada biaya transportasi. Kalau 1 bus isi 27 orang itu biasanya bahkan bisa membawa 30 orang, sekarang harus setengahnya," kata Ketua Umum Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Cecilia Vita Landra, dalam perbincangan dengan detikTravel, Kamis (6/8/2020).

Ketua APGI Cecilia Vita Landra (tengah)Ketua APGI Cecilia Vita Landra (tengah) Foto: dok. pribadi

"Itu masih ditambah perlengkapan lain yang harus ditambah saat mendaki gunung sesuai protokol kesehatan. Ayolah wabah belum usai, protokol kesehatan harus dilaksanakan saat pendakian gunung," Vita menegaskan.

Kendati biaya pendakian gunung makin tinggi, Vita optimistis minat pariwisata petualang tidak akan surut. Apalagi, saat ini, traveler di olahraga minat khusus sudah rindu berat dengan mendaki gunung.

Vita berharap para pendaki dan pengelola wisata pendakian gunung sama-sama peduli dengan pencegahan penularan virus Corona. Makanya. dia meminta agar kedua belah pihak itu sama-sama menerapkan protokol kesehatan dalam pendakian gunung.



Simak Video "Memburu Keindahan Gunung Semeru di Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA