Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Agu 2020 16:03 WIB

TRAVEL NEWS

Kenapa Indonesia disebut Negara Kepulauan atau Maritim, Ini Penjelasannya

Puti Yasmin
detikTravel
Menyambut hari kebangkitan nasional, warga kepulauan terluar indonesia yaitu kepulauan miangas yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan ikut memeriahkan peringatan tersebut. Mereka mengibarkan bendera diperahunya dan berkeliling lautan sekitar kepulauan miangas. File/detikFoto.
Foto: Hasan Habshy/Ilustrasi Kenapa Indonesia disebut Negara Kepulauan atau Maritim
Jakarta -

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Selain negara kepulauan, Indonesia disebut juga negara maritim.

Wilayah Indonesia sendiri mencapai 1,905 juta km² dan terbentang dari Sabang hingga Merauke. Selain Indonesia, ada juga negara kepulauan lainnya, yakni Madagaskar, Papua Nugini, Jepang, Filipina, hingga Selandia Baru.

Pesona keindahan pantai pasir putih di kepulauan Miangas, Sulawesi Utara. Sebagai kepulauan terluar milik Republik Indonesia yang tidak berjauhan dengan negara tetangga Filipina, Kepulauan Miangas memilik pesona pantai yg indah namun cukup jarang di kunjungin oleh para wisatawan. File/detikFoto.Ilustrasi Kenapa Indonesia disebut Negara Kepulauan atau Maritim Foto: Hasan Alhabshy

Berikut penjelasan kenapa Indonesia disebut negara kepulauan:

Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan?

Dikutip dari buku Pengetahuan Sosial karya Tri Nur Hadiyati, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari pulau-pulau. Tercatat, ada sekitar 17.500 pulau yang dimiliki Indonesia.

Pulau-pulau tersebut dihubungkan oleh laut dan selat sehingga menjadi wilayah yang dikenal juga dengan nama Nusantara. Setiap wilayahnya bahkan memiliki keanekaragaman yang berbeda-beda.

Pengertian negara kepulauan tersebut juga diatur dalam artikel 46 United Nations Convention on the Law of the Sea atau Konvensi PBB tentang Hukum Laut

Alasan Indonesia disebut Sebagai Negara Maritim Adalah

Sementara itu, sebutan negara maritim disebut karena Indonesia sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Menurut data dari rujukan nasional data kewilayahan Republik Indonesia yang dikerjakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidros) TNI Angkatan Laut luas total wilayah perairan mencapai 6,32 km² atau lebih besar dibanding luas daratan yang hanya mencapai 1,905 juta km².

Selain itu, lautan Indonesia diketahui sebagai wilayah Marine Mega Biodiversity terbesar di dunia. Sebab, laut Indonesia memiliki 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang.

Nah, sudah jelas bukan kenapa Indonesia disebut negara kepulauan?



Simak Video "Siap-siap! Disney+ Hadir di Indonesia Bulan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA