Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Agu 2020 18:12 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata ke Gunung Tertinggi di Wales Tak Lagi Gratis Bagi Pendaki

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Taman Nasional Snowdon
Foto: (Michael Roberts/Getty Images)
Jakarta -

Gunung tertinggi di Wales telah dibuka kembali untuk para pendaki. Kini, wisatawan dikenakan biaya untuk memelihara dan melestarikan alam sekitar.

Dikutip dari Lonely Planet oleh detikcom, Taman Nasional Snowdonia di Inggris yang memiliki pegunungan populer seperti Tryfan dan Glyder Fach ditutup sejak Maret lalu saat lockdown yang diterapkan di Wales. Namun pendakian telah dibuka kembali pada 6 Juli lalu, pengunjung pun telah berbondong-bondong datang mendaki.

Berkemah ilegal telah dilarang dan tempat parkir juga dibatasi, bagi kendaraan yang diparkir ilegal akan ditarik keluar. Taman Nasional ini mengalami masalah yang berkelanjutan dengan erosi tanah dan juga sampah.

Setelah dibukanya kembali wisata yang digemari turis ini, ada kekhawatiran akan bertumpuknya sampah yang akan mencemari lingkungan. Selain itu wisata ini juga belum memiliki tempat parkir yang luas.

Para pendaki bisa membantu membiayai pemeliharaan jalur pegunungan dengan menyumbangkan uang mereka. Namun anggota Dewan Gwynedd Glyn Daniels ingin biaya itu wajib untuk semua pengunjung, baik yang berjalan kaki maupun naik kereta api.

Daniels mengatakan, setidaknya mengumpulkan uang sesedikit £1 atau sekitar Rp 19.000 akan menghasilkan ratusan ribu pound untuk memelihara jalan setapak.

"Ini tidak hanya meningkatkan pendapatan untuk dewan dan taman, tetapi juga dapat berkontribusi untuk membangun tempat parkir mobil yang baru. Oleh karena itu, (kebijakan ini) mengurangi jumlah kendaraan yang secara ilegal parkir di jalan pada hari-hari tertentu," kata Daniels.

"Kami tidak meminta bongkahan emas, tapi sekali lagi kami berhak mendapatkan lebih dari sekedar kacang," tambahnya.

Daniels mengatakan bahwa negara lain seperti Swiss, Kanada dan Selandia Baru pun mengenakan biaya untuk masuk ke taman nasional. Tapi di Inggris Raya, akses masuk ke taman nasional bagi wisatawan gratis, tapi pendaki dikenakan biaya parkir.

Inggris memberikan publik hak untuk menjelajah, memberikan akses ke berbagai area alam termasuk pegunungan, rawa, padang rumput dan dataran rendah, bahkan juga tempat yang dimiliki secara pribadi.



Simak Video "12 Kasus Virus Corona di Australia, 3 Dinyatakan Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA