Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Agu 2020 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Momen Atraksi Barongsai Dinding Pertama di Indonesia

Nuha Dzakirah
detikTravel
Imlek dan barongsai
Atraksi barongsai dinding saat Imlek di Bandung (Foto: Nuha Dzakirah/d'Traveler)
Bandung -

Chinese New Year atau Tahun Baru Imlek merupakan perayaan penting bagi warga Tionghoa. Pusat perbelanjaan di Bandung menggelar Barongsai Dinding.

Di Indonesia, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai Hari Libur Nasional. Biasanya beberapa daerah dengan mayoritas penduduk Tionghoa akan merayakan Imlek dengan hiasan lampion khas Imlek, kata-kata China dan Singa ataupun naga dengan warna merah dan emas.

Yang sangat khas dari perayaan Imlek adalah Barongsai. Nah, di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung ada persembahan Barongsai yang unik dan beda daripada Barongsai pada umumnya.

Barongsai Dinding namanya. Tahun ini Miko Mall Bandung membuat konsep yang berbeda pada atraksi barongsai.

Barongsai Dinding merupakan salah satu atraksi barongsai untuk mengambil angpau yang sudah disediakan di dinding dengan tinggi sekitar kurang lebih 2,5 meter.

Sebelum atraksi Barongsai Dinding dimulai, pertama-tama acara dimulai dengan pembukaan Barongsai Tongkat di area lobi utara Miko Mall. Selanjutnya seperti pada umumnya barongsai mendekati penonton yang akan memasukkan angpau melalui mulut barongsai.

Imlek dan barongsaiImlek dan barongsai (Foto: Nuha Dzakirah/d'Traveler)

Selanjutnya barongsai mengelilingi Miko Mall dengan melakukan atraksi di tiap lantai guna menghibur para pengunjung. Setelah selesai berkeliling, barongsai kembali ke lobi utara untuk melakukan atraksi Barongsai Dinding.

Para penonton sangat antusias menunggu atraksi Barongsai Dinding yang merupakan puncak acara. Setiap dinding tersedia masing-masing 15 buah angpau yang harus diambil sampai habis oleh masing-masing barongsai.

Detik-detik yang sangat menegangkan ketika Barongsai sulit untuk menggapai angpau yang berada di dinding. Namun, pada akhirnya angpao yang tersedia pun habis juga. Tepuk tangan dari pengunjung memeriahkan akhir acara tersebut.

Atraksi Barongsai Dinding hanya salah satu cara memeriahkan perayaan Imlek di Indonesia. Meski demikian, berkumpul bersama keluarga, makan kue keranjang dan berbagai angpau merupakan benang merah dari perayaan tahun baru Imlek.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Nuha Dzakirah, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Melihat Pesona Pulau Kunti yang Punya 'Suara Kuntilanak'"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA