Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Agu 2020 16:21 WIB

TRAVEL NEWS

Zona Indonesia di Pulau Kalimantan Berbatasan Langsung dengan Negara Apa?

Puti Yasmin
detikTravel
Derawan, pulau di Berau.
Foto: (eliytapramesdavalent/d'Traveler)/Ilustrasi Pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan negara apa
Jakarta -

Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain. Salah satu pulau terbesar di dunia ini berada di sebelah utara Pulau Jawa atau bagian tengah Indonesia.

Indonesia memang diketahui berbatasan dengan beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, hingga Papua Nugini. Namun, zona milik Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan negara apa?

Berikut negara yang berbatasan darat langsung dengan Indonesia di Pulau Kalimantan yaitu:

Sebutkan Negara di Asia Tenggara yang Berbatasan Langsung dengan Kalimantan?

Berdasarkan peta pulau Kalimantan, ada tiga negara yang menguasai daratan Kalimantan, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Namun, yang berbatasan langsung dengan Indonesia adalah Malaysia. Ada dua negara bagian Malaysia di Pulau Kalimantan yakni Sarawak dan Sabah. Sarawak berbatasan darat dengan wilayah Indonesia yakni Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Sementara negara bagian Sabah berbatasan dengan Kalimantan Utara.

Sedangkan, Brunei Darussalam berada di sebelah utara Pulau Kalimantan. Brunei tidak berbatasan langsung dengan Indonesia. Negara berbentuk kerajaan ini hanya berbatasan dengan negara bagian Sarawak, Malaysia.

Negara yang Tidak Berbatasan Darat dengan Indonesia Adalah?

Secara geografis, batas wilayah negara Indonesia adalah dengan Malaysia, Singapura, Timor Leste, dan Papua Nugini. Tetapi, hanya Singapura saja yang tidak berbatasan secara darat dengan Indonesia.

Dengan Singapura, Indonesia hanya berbatasan langsung secara maritim antara Selat Singapura dengan Kepulauan Riau.

Bagaimana Keadaan Alam Pulau Kalimantan?

Dikutip dari buku 'Geografi: Membuka Cakrawala Dunia', sebagian besar wilayah Kalimantan beriklim hujan tropis dengan tingkat kelembapan udara dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun.

Berkat iklim tersebut, suhu rata-rata tahunan juga ikut tinggi sehingga ada banyak jenis flora yang tumbuh di hutan Kalimantan, seperti kayu meranti, damar, hingga anggrek. Wilayah Pulau Kalimantan umumnya juga berisi area hutan bakau atau mangrove sebagai khas pantai tropis.

Semoga penjelasan Pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan negara apa bisa menambah pengetahuan kita ya!



Simak Video "Pampakin, Saudara Durian yang Enak Jadi Kudapan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA