Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Agu 2020 23:01 WIB

TRAVEL NEWS

Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia, Iklim Serta Keuntungannya

Tim detikcom
detikTravel
Benua Asia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Graphic_photo/Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia, Iklim Serta Keuntungannya
Jakarta -

Benua Asia adalah benua yang paling luas di dunia yakni 43.998.920 Km2. Sebagian besar Benua Asia terletak di belahan bumi utara, sedangkan yang berada di belahan bumi selatan adalah beberapa pulau termasuk Indonesia.

Benua Asia dikelilingi samudera-samudera luas di sebelah Utara, Timur, dan Selatan. Sedangkan bagian Barat dibatasi oleh daratan Eropa, Laut Merah, Laut Tengah, dan Terusan Suez.

Berdasarkan situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), letak astronomis Benua Asia yakni 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Secara geografis, Benua Asia terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia serta di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktic. Secara geologis Asia menyatu dengan Benua Eropa atau disebut Eurasia.

Lalu apa iklim dan keuntungan Benua Asia dilihat dari letak astronomis dan geografis?

Kondisi iklim di Benua Asia adalah sebagai berikut :

a. Asia Utara: Continental Kutub, terutama wilayah Siberia Utara;
b. Asia Tengah: Continental Kering, terutama Gurun Gobi.
c. Asia Barat: Darat atau gurun, terutama Jazirah Arab dan Plato Iran Iklim Mediterania, terutama Jazirah Anatolia.
d. Asia Selatan dan Tenggara: Tropis Basah.
e. Jepang dan Semenanjung Korea: Subtropis


Dari sumber yang sama, Benua Asia karena terletak di rentang koordinat yang luas dengan iklim yang sangat bervariasi, maka keuntungannya variasi spesies dan jenis flora dan fauna sangat beragam. Kekayaan flora dan fauna menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta serta peneliti binatang dan tumbuh-tumbuhan. Di kawasan utara yang memiliki iklim dingin, tundra ialah jenis tumbuhan yang mendominasi. Jenis-jenis tanaman tundra itu misalnya lumut, rumput, dan pohon-pohon dengan daun jarum. Binatang khas kawasan ini antara lain beruang siberia, anjing laut, rusa kutub, dan rubah.

Sementara, di kawasan Asia bagian tengah ditemukan stepa dan sabana. Hal ini karena curah hujan yang tak terlalu banyak di wilayah ini. Lalu di Asia di kawasan selatan memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak terdapat hutan hujan tropis yang lebat. Hutan hujan tropis selain lebat juga memiliki keanekaragaman hidup flora dan fauna yang sangat banyak.

Setelah mengetahui letak astronomis dan geografis Benua Asia, detikers mau jalan-jalan ke mana dulu?



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA