Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Agu 2020 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Ditendang dari Pesawat Gara-gara Tulisan Kasar di Masker

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
American Airlines berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 25 ribu karyawannya. Kebijakan ini dilakukan akibat anjloknya permintaan perjalanan karena Corona.
Foto: Ilustrasi American Airlines (AP Photo, Getty Images)
Miami -

Ulah penumpang satu ini tidak untuk ditiru. Dia memakai masker dengan tulisan kata-kata kasar 'F**k 12'. Akibatnya, dia pun ditendang dari pesawat.

Arlinda Johns, penumpang pesawat American Airlines. terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib. Wanita yang juga mengaku sebagai aktivis tersebut diusir dari pesawat gara-gara tulisan di masker yang dipakainya.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Senin (10/8/2020), masker yang dipakai Arlinda tersebut bertuliskan F**K 12, merujuk ke pihak kepolisian Amerika yang tengah disorot akibat isu rasial. 12 adalah salah satu kode unit satuan di kepolisian Amerika yang menangani kasus narkoba.

Oleh petugas, Arlinda diminta berkali-kali untuk melepaskan masker, yang menjadi salah satu alat pelindung diri di era new normal penerbangan saat pandemi virus Corona, tersebut dan menggantinya dengan masker yang biasa saja. Menurut laporan yang beredar, Arlinda akhirnya setuju dan mengganti masker itu dengan masker biasa berwarna hijau.


Tapi ternyata, Arlinda memakai kembali masker bertuliskan 'F**k 12' tersebut. Dia mengganti masker supaya diizinkan untuk boarding ke dalam pesawat saja. Di dalam pesawat, masker bertuliskan kata makian itu dipakainya lagi.

Oleh pramugari yang bertugas, dia pun dikonfrontasi dan diminta untuk turun dari pesawat. Pesawat yang sudah bersiap untuk take off pun akhirnya putar balik lagi ke terminal untuk menurunkan Arlinda.

Akhirnya, Arlinda pun diturunkan dari pesawat dan terpaksa harus menyewa mobil untuk melanjutkan perjalanannya lewat jalur darat, dari Miami menuju ke St Louis.

Arlinda meyakini insiden tersebut bukan gara-gara masker bertuliskan kata-kata ofensif yang dipakainya, melainkan karena dirinya berkulit hitam. Apalagi saat itu, Arlinda memakai kaos bertuliskan 'Black Lives Matter'.

"Saya mendukung penghapusan perbudakan. Saya percaya kita harus mengurangi anggaran untuk kepolisian dan menghapus kepolisian," kata Arlinda kepada Miami TV.

Sementara itu, pihak American Airlines mengonfirmasi bahwa Arlinda dikeluarkan dari pesawat karena tidak mematuhi instruksi dari kru kabin yang bertugas.

"Pelanggan tersebut ditawari untuk memakai masker alternatif dan dia menyetujuinya. Tapi kemudian dia meneruskan untuk menampilkan bahasa yang ofensif. Setelah tiba, pelanggan itu diminta untuk turun dari pesawat," ujar juru bicara American Airlines.



Simak Video "Black Lives Matter Jilid Kedua Meletus di Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA