Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Agu 2020 19:00 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Gajah Internasional, Berikut Negara dengan Daya Tarik Wisata Hewan Itu

Tim detikcom
detikTravel
Gajah Afrika, makhluk hidup terbesar bumi
Foto: CNN/Hari Gajah Internasional, Berikut Negara dengan Daya Tarik Wisata Hewan Itu
Jakarta -

Setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari Gajah Internasional. Peringatan Hari Gajah Internasional ini dimaksudkan untuk menggugah kepedulian masyarakat akan nasib hewan berbelalai yang terancam punah itu.

Di dunia terkenal dua spesies gajah, yaitu gajah Afrika (Loxodonta africana) dan gajah Asia (Elephas maximus). Belakangan para peneliti gabungan dari Harvard University, University of Illinois, dan University of York membagi lagi spesies gajah Afrika tersebut menjadi gajah semak Afrika dan gajah hutan Afrika.

"Gajah hutan dan gajah semak memiliki hubungan yang sangat jauh satu sama lain dan bukan hanya subspesies atau populasi dari spesies yang sama," ujar Alfred Roca dari University of Illinois seperti yang dilansir Reuters beberapa waktu lalu.

Populasi gajah terancam punah karena gajah Afrika masih dibunuh untuk diambil gadingnya. Gading gajah memiliki nilai jual tinggi yang dapat digunakan antara lain untuk membuat perhiasan, pajangan, dan alat musik.

Gajah merupakan hewan herbivora yang dapat ditemui di berbagai habitat, seperti sabana, hutan, gurun, dan rawa-rawa, serta dekat air. Ciri khusus gajah yakni belalainya atau proboscis. Belalai digunakan untuk bernapas, menghisap air, dan mengambil benda.

Gajah dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Berikut negara dengan daya tarik wisata gajah sebagai andalannya:

1. Lampung, Indonesia

Seekor bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) berkelamin betina memakan rumput di kandang Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (12/8/2020). Bayi gajah yang lahir pada 14 Juli 2020 dengan berat 80 kg dan tinggi 85 cm tersebut lahir dari indukan betina bernama Siska dan pejantan bernama Wahid tersebut menambah koleksi gajah Sumatera di taman itu menjadi 20 ekor. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.Seekor bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) berkelamin betina memakan rumput di kandang Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (12/8/2020). Bayi gajah yang lahir pada 14 Juli 2020 dengan berat 80 kg dan tinggi 85 cm tersebut lahir dari indukan betina bernama Siska dan pejantan bernama Wahid tersebut menambah koleksi gajah Sumatera di taman itu menjadi 20 ekor. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww. Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Di Lampung, Indonesia, terkenal akan pesona gajahnya. Di tempat itu, gajah menjadi daya tarik wisata. Bahkan dibuat Taman Nasional Way Kambas di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Taman Nasional Way Kambas (TNWK) adalah taman nasional perlindungan gajah.

Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985. Di tempat itu merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Di taman nasional ini, kamu dapat berjumpa dengan gajah.

Karena dalam rangka Hari Gajah Internasional, hasrat untuk pergi ke Taman Nasional Way Kambas timbul. Namun kamu harus menahannya karena taman itu masih ditutup karena pandemi corona.

2. Thailand

Thailand mengistimewakan hewan gajah. Bahkan gajah dijadikan ikon negara tersebut. Selain itu, Thailand terkenal akan julukannya Negeri Gajah Putih. Kamu bisa melihat gajah di Thailand dari beberapa tempat seperti Elephant Nature Park, yang terletak di Chiang Mai, Thailand.

Bisa juga kamu ke Taman Nasional Khao Sok. Di sini merupakan tempat antara safari di Afrika dengan hutan tropis Thailand. Kamu di sini dapat bebas berinteraksi dengan gajah.


3. India

Di Jaipur, India, kerap menggunakan gajah sebagai daya tarik wisatanya. Gajah di India digunakan sebagai kendaraan yang membawa wisatawan ke Jaipur, tempat wisata terkenal.

Namun para aktivis hewan di India protes akan hal itu pada 2019 lalu. Para aktivis yang tergabung dalam World Animal Protection (WAP) menyerukan mengganti gajah dengan sepeda untuk membawa wisatawan jalan-jalan ke Jaipur.


4. Afrika

Gajah liar Afrika kini dilarang dikirim ke kebun binatang di seluruh duniaGajah liar Afrika kini dilarang dikirim ke kebun binatang di seluruh dunia Foto: BBC Magazine

Serengeti adalah sebuah daratan terbuka yang luas di Afrika. Di sini merupakan surga bagi jutaan hewan. Kamu pun bisa melihat hewan apapun termasuk gajah. Selain itu di daerah Cape Town dan Johannesburg juga dapat ditemui gajah.

5. Srilanka

Di Srilanka, ditemukan gajah Asia (Elephas maximus). Elephas maximus telah diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam.

Gajah di Sri Lanka dapat ditemui di Taman Nasional Udawalawe, Taman Nasional Yala, Taman Nasional Lunugamvehera, Taman Nasional Wilpattu dan Taman Nasional Minneriya. Populasi gajah Sri Lanka disebut terpadat di Asia.

Selamat Hari Gajah Internasional!



Simak Video "Serunya Main dan Foto Bareng Gajah Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA