Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Agu 2020 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Citilink Bakal Buka Lagi Rute Banyuwangi - Denpasar

Ardian Fanani
detikTravel
Citilink
Foto: Ardian Fanani/detikTravel
Banyuwangi -

Citilink bakal kembali membuka rute penerbangan Denpasar-Banyuwangi PP. Saat ini, manajemen Bandara Banyuwangi bersama Citilink sedang melengkapi persyaratan pembukaan penerbangan baru sesuai regulasi yang ada.

District Sales Manager (DSM) Citilink Banyuwangi, Dadang Teguh Setiawan, mengatakan rencana pembukaan rute kembali Banyuwangi-Denpasar akan dilakukan bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-75.

"Rencananya sih tanggal 17 Agustus mendatang. Doakan semoga lancar," ujarnya kepada detikcom, Jumat (14/8/2020).

Pembukaan rute ini, kata Dadang, menunggu keputusan dari otoritas penerbangan di pusat. Rencananya rute penerbangan Banyuwangi ke dan dari Denpasar akan dilayani dengan pesawat Citilink tipe ATR 72600.

Kapasitas pesawat ATR 72600 yang akan melayani rute penerbangan ini memiliki kapasitas penumpang sekitar 100 orang. Namun karena masih dalam kondisi Pandemi COVID-19 jumlah penumpang batasi menjadi sekitar 70 persen dari kapasitas.

"Ini untuk mendongkrak kembali kunjungan wisata di Banyuwangi dan Bali setelah pandemi COVID 19. Kita harap wisatawan memanfaatkan penerbangan ini," kata dia.

Sementara itu, Eksekutif General Manager (EGM) Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro, membenarkan dibukanya kembali penerbangan Banyuwangi-Denpasar merupakan upaya dari Pemkab Banyuwangi, Angkasa Pura II, dan Bandara untuk mendatangkan wisatawan.

"Kami PT angkasa Pura II Banyuwangi bersama Pemkab dan maskapai Citilink sedang mengusahakan dan berusaha untuk memenuhi peraturan regulasi persyaratan untuk rute Denpasar Banyuwangi. Dan ini progresnya sudah hampir 90 persen," ujarnya.

Penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar ini rencananya akan dilakukan setiap hari. Berdasarkan Surat yang sudah diterima Bandara Banyuwangi, penerbangan jadwal Banyuwangi - Denpasar 07.35 WIB - 09.15 WITA dan dari Denpasar - Banyuwangi : 12.55 WITA - 12.45 Wib.

"Jadi sangat bagus kalau di Denpasar karena turis mungkin bangun pagi agak susah. Ini ada peluang siang harinya. Sehingga harapannya dari Denpasar kita bisa bawa turis ke Banyuwangi," dia menjelaskan.

Dia berharap dengan pembukaan penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar ini bisa membuat pariwisata Banyuwangi bisa lebih ramai dan berkembang lagi.

Ditegaskan, Sosialisasi dan promosi terkait pembukaan rute penerbangan ini sudah dilakukan melalui media sosial. Selain itu, Angkasa Pura II juga sudah membuat flyer-flyer pengumuman coming soon-nya.

"Sudah kami publikasi melalui sosmed dan media promosi yang kami miliki di Angkasa Pura II," tegasnya.

Mengingat rute penerbangan Banyuwangi-Denpasar pernah gagal, Cin Asmoro menyebut, Angkasa Pura II akan membantu publikasi penjualan tiket, rute, hingga fasilitas yang dimiliki Bandara Banyuwangi. Yang tidak kalah penting menurutnya adalah dukungan dari stake holder yang ada dalam hal ini Pemkab Banyuwangi dan maskapai itu sendiri.

Dengan tipe pesawat ATR yang lebih kecil dari pesawat yang sebelumnya melayani rute ini, Cin Asmoro meyakini biaya dari Citilink bisa tertutup. Sehingga, kasus kegagalan yang terjadi sebelumnya bisa teratasi.

"Kami dari Bandara Banyuwangi optimis dengan semangat baru. Dengan kondisi Covid-19 ini, apapun penerbangannya kita berusaha untuk membuka rute agar perekonomian juga bisa bangkit kembali. Kami optimis," kata dia.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut gembira dibukanya rute baru ini, apalagi Bali merupakan tujuan pariwisata nasional yang sudah sangat ternama. Anas berharap dengan dibukanya rute ke Bali di tengah terpukulnya sektor pariwisata akibat pandemi ini akan berdampak positif bagi kunjungan wisata ke Banyuwangi.

"Kami sangat senang Banyuwangi bisa terhubung dengan pusat pariwisata nasional. Kami berharap akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi, dan tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi lokal," kata Anas.

Kebijakan mendorong dibukanya kembali penerbangan rute Banyuwangi-Bali PP itu tak lepas dari keputusan dalam rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi (Maves) Luhut Binsar Pandjaitan seminggu lalu. Selasa Pada kesempatan tersebut Luhut menginstruksikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera membuka kembali penerbangan rute BWX-DPS PP.

Menurut Luhut, penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar tersebut akan sangat pengembangan pariwisata di era adaptasi kebiasaan baru (new normal).

"Penerbangan rute ini akan sangat mendukung pengembangan pariwisata. Bukan hanya untuk Banyuwangi, tetapi juga untuk Indonesia secara umum," ujarnya.

Keputusan untuk mengaktifkan lagi rute penerbangan Banyuwangi-Denpasar pp Citilink mendapat sambutan positif dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang juga mengikuti rakor virtual tersebut.



Simak Video "Melihat Airbus Kolaborasi Citilink-BNN yang Kampanyekan Anti Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA