Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Agu 2020 16:18 WIB

TRAVEL NEWS

Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku Berdasarkan Peta

Puti Yasmin
detikTravel
Ilustrasi Pulau Papua
Foto: Google Maps/Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku Berdasarkan Peta
Jakarta -

Indonesia terdiri dari berbagai pulau, salah satunya Papua dan Maluku. Kedua pulau ini terletak di ujung Timur Indonesia dan letaknya saling bersebelahan. Bagaimana kondisi geografis pulau Papua dan Maluku berdasarkan peta?

Pulau Papua dan Maluku dikenal akan keindahan alamnya. Bahkan, ada kondisi alam di tanah tersebut yang masih alami dan belum mendapatkan campur tangan manusia.

Berikut kondisi geografis pulau Papua dan Maluku berdasarkan peta:

1. Luas Pulau Papua dan Maluku

Pulau Papua menjadi pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Luas pulau Papua tercatat mencapai 786.000 km² namun yang menjadi bagian Indonesia hanya sebesar 418.707,7 km². Sedangkan sisanya menjadi bagian dari Papua Nugini.

Kemudian, pulau Maluku secara keseluruhan memiliki luas mencapai 31.982,5 km². Dari luas tersebut, perairan menjadi wilayah yang mendominasi, yakni mencapai 76,28%.

2. Batas Pulau Papua dan Maluku

Pulau Papua secara geografis berada di garis meridian 0'19' - 10'45 LS dan garis bujur 130'45' - 141'48' BT. Sedangkan, provinsi Maluku berada di garis meridien 2'30' - 9' Lintang Selatan dan di antara 124' - 136 Bujur Timur.

Laut Pulau Papua dan Maluku

Batas laut pulau Papua berbatasan langsung dengan laut Filipina di bagian Utara, laut Arafuru dan Banda di bagian Barat, Samudera Pasifik di bagian Timur, dan Selatan di laut Arafuru.

Untuk Maluku, batas laut bagian Utara dengan laut Sulawesi, bagian Barat dengan laut Arafuru dan laut Banda, serta bagian Timur dengan laut Halmahera.

Sementara itu, batas daratan pulau Papua bagian Utara dengan Samudera Pasifik, Barat dengan laut Arafuru, bagian Timur dengan Papua Nugini, dan bagian Selatan dengan Laut Arafuru dan Australia.

Batas daratan pulau Maluku dengan laut Seram di bagian Utara, pulau Sulawesi di bagian Barat, pulau Papua di bagian Timur, serta Timor Leste dan Laut Arafuru di bagian Selatan.

3. Nama-nama Dataran Rendah di Pulau Papua dan Maluku

Dataran rendah di Papua, seperti Arafura, pesisir Trans-Fly, dan teluk Papua. Lokasi ini diketahui memberikan pemandangan indah yang tiada duanya bagi para pengunjung.

Sedangkan dataran rendah Maluku adalah Pulau Kei Besar dan Kei Kecil yakni berupa jalur kecil di sepanjang pantai. Selain itu, ada juga dataran rendah di Maluku tepatnya di pulau Seram dengan kemiringan mencapai 0-3%. Lokasi ini juga memiliki luas dan tinggi mencapai 500 meter di atas permukaan laut.

Semoga kondisi geografis pulau Papua dan Maluku berdasarkan peta bisa menambah pengetahuan kita ya!

(pal/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA