Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Agu 2020 18:31 WIB

TRAVEL NEWS

Ups! Air Force One Donald Trump Nyaris Ditabrak Drone

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
STANSTED, ESSEX - JULY 12:  U.S. President Donald Trump and First Lady Melania Trump arrive at Stansted Airport on July 12, 2018 in Essex, England. The President of the United States and First Lady, Melania Trump, touched down in the UK on Air Force One for their first official visit. Whilst they are here they will have dinner at Blenheim Palace, visit Prime Minister Theresa May at Chequers and take tea with the Queen at Windsor Castle.  (Photo by Leon Neal/Getty Images)
Foto: Presiden Trump dan istri turun dari Force One (Getty Images)
Washington -

Pesawat jet yang ditumpangi Presiden AS Donald Trump nyaris ditabrak drone. Beruntung pesawat Air Force One itu berhasil selamat.

Menurut beberapa saksi mata, pesawat jet Air Force One yang ditumpangi Presiden Donald Trump nyaris tertabrak drone saat hendak mendarat di bandara Washington. Drone tersebut berwarna kuning dan hitam, dan berbentuk seperti sebuah salib.

Dilansir detikcom dari Bloomberg, Selasa (18/8/2020), kejadian tersebut disaksikan oleh beberapa saksi mata yang ikut naik di pesawat tersebut. Kejadiannya sekitar pukul 17.54 waktu setempat.

Ketika dimintai konfirmasi tentang insiden tersebut, The Federal Aviation Administration (FAA) melempar ke The Secret Service, demikian juga dengan The North American Aerospace Defense Command, lembaga yang bertanggung jawab dengan keamanan udara di wilayah Amerika Utara.

The Secret Service sendiri yang bertugas untuk menjaga keamanan Presiden Donald Trump akhirnya menolak untuk merespons laporan tersebut.


Kebanyakan drone yang dimiliki penduduk sipil Amerika Serikat memang ukurannya cukup mungil dan mungkin tidak bisa membuat pesawat jet sekelas Air Force One jatuh. Namun menurut penelitian, kerusakan yang diakibatkan tabrakan dengan drone di udara bisa jadi sangat fatal.

FAA sendiri menerima ribuan laporan dalam setahun, tentang kejadian drone yang nyaris menabrak pesawat komersial. Laporan tersebut biasanya disampaikan oleh pilot yang bertugas.


Menurut aturan FAA, drone harus terbang sejauh jangkauan mata pilotnya. Drone tidak boleh diterbangkan lebih tinggi dari 122 meter di atas tanah, kecuali telah mendapatkan izin.

Drone juga dilarang untuk diterbangkan di area dekat bandara. FAA sendiri berharap bisa mendata seluruh drone yang ada, terutama soal lokasi dan identitas pemiliknya.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA