Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Agu 2020 19:41 WIB

TRAVEL NEWS

Merasakan Sehari Jadi Soekarno Lewat Hotel Yogyakarta Ini

Hotel The Phoenix
Foto: (The Phoenix Hotel)
Yogyakarta -

Phoenix Hotel di Yogyakarta punya sejarah panjang terkait bapak bangsa Soekarno. Kini, mereka tawarkan pengalaman menginap ala presiden pertama Indonesia itu.

Berdiri di bawah bendera Accorhotels International, Phoenix Hotel Yogyakarta MGallery di Jalan Jend Sudirman No.9 menawarkan paket baru bernama Soekarno Signature.

Dalam jumpa pers daring peluncuran Soekarno Signature hari Selasa ini (18/8/2020), dijelaskan juga soal sejarah panjang hotel tersebut yang sarat akan kenangan Soekarno.

"Terinspirasi dari cerita yang berkembang di masyarakat, kalau dulu Pak Karno pernah berkantor di The Phoenix Yogyakarta. Dari situ kita menemukan fakta bahwa pak Karno pernah berkantor di salah satu balkon, dan ada kamar yang digunakan beliau," ungkap juru bicara Phoenix Hotel.

Sejarah awalnya, hotel ini didirikan oleh Mr Kwik Djoen Eng pada tahun 1918 sebagai rumah tinggal. Namun, dalam perjalanannya rumah itu berpindah tangan dan beralih fungsi jadi Hotel SPLENDID hingga Yamato di era Jepang.

Hotel The PhoenixHotel ini punya sejarah panjang (The Phoenix Hotel)

Kemudian, hotel itu juga sempat menjadi kantor Konsulat China di tahun 1946-1949 dan berubah lagi jadi Hotel Merdeka di tahun 1951. Baru di tahun 1993, hotel itu berubah nama jadi Phoenix Heritage Hotel dan masuk bangunan cagar budaya.

Yang menarik, traveler masih dapat menemukan balkon dan kamar yang dahulu dipakai Soekarno untuk bekerja. Tak hanya itu, traveler bahkan dapat menginap di kamar tersebut apabila memesan paket Soekarno Signature.

"Mencakup tour di Merdeka Room, tempat kerja bung Karno, menginap di kamar Bung Karno dan terakhir mencicipi hidangan favorit Bung Karno yang diinterpretasikan oleh chef kami," tambahnya.

Pengalaman berkeliling dan menginap di kamar bekas Soekarno itu kian lengkap dengan sajian kesukaan sang bapak bangsa, seperti sayur lodeh, sate bung besar, ikan asin jambal hingga minuman sang saka yang berwarna merah putih.

Lantas berapa harga untuk menjajal pengalaman Soekarno Signature? Harganya sesuai dengan tanggal kemerdekaan Indonesia, yakni sekitar Rp 1,7 jutaan. Namun, paket spesial tersebut hanya ada untuk sementara waktu saja. Yakni dari 17-31 Agustus 2020 saja. Lebih lanjut, pihak pengelola hotel berharap agar peluncuran paket itu dapat menggairahkan pariwisata Yogyakarta. "Mudah-mudahan adanya paket staycation ini di Indonesia dapat menumbuhkan kepercayaan dan pariwisata di Yogyakarta," ujar VP Sales Marketing Accor Malaysia, Indonesia dan Singapura, Adi Satria.

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA