Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Agu 2020 08:07 WIB

TRAVEL NEWS

Shibuya Punya Toilet Transparan

Femi Diah
detikTravel
Toilet umum transparan di Shibuya
Toilet umum transparan di Shibuya (The Nippon Foundation)
Jakarta -

Jepang bikin terobosan baru soal toilet umum di taman hiburan. Negeri Sakura itu membuat toilet umum unik, salah satunya toilet transparan, seperti apa?

Toilet umum, apalagi di tempat-tempat wisata, biasanya horor untuk didatangi. Kotor, bau pesing, dan tidak ada air, apalagi tisu.

Belum lagi soal antrean panjang karena jumlahnya tak sebanding dengan pengunjung. Atau malah kecele dikira ada orang yang sedang menggunakan, ternyata toilet kosong. Peristiwa tak diduga juga kadang terjadi dengan orang yang berniat jahat dengan bersembunyi di dalam toilet dan sengaja menunggu korban di sana.

Shibuya, salah satu distrik di Jepang, mengambil langkah untuk mengubah citra lusinan toilet umum di sana. Yayasan Nippon menggandeng arsitek profesional untuk mengubah toilet dalam proyek Tokyo Toilet Project.

Hasilnya, toilet transparan pertama di kota itu berhasil dibangun. Toilet itu ada di Taman Mini Yoyogi Fukamachi dan Haru-no -Ogawa Community Park. Dan, toilet itu menjadi salah satu toilet yang paling menarik perhatian publik.

Ya, Yayasan Nippon membebaskan arsitek untuk merevitalisasi toilet yang ada dengan gaya seunik mungkin. Salah satunya toilet transparan itu.

Toilet transparan tersebut dilapisi dengan kaca berwarna transparan, menawarkan petunjuk bagi calon pengguna kamar mandi apakah mereka sedang ditempati atau tidak. Trik sebenarnya, bagaimanapun, datang ketika Anda menutup dan mengunci pintu.

Tak seorang pun ingin aktivitas di dalam toilet itu diketahui orang lain. Nah, toilet transparan itu bakal menunjukkan kepintarannya saat pintu dikunci dari dalam. Panel kaca bakal menjadi buram dan menghalangi orang dari luar untuk mengintip. Saat pintu dibuka, kaca toilet kembali menjadi transparan.

"Ada dua hal yang menjadi perhatian soal toilet umum, khususnya yang berada di taman hiburan. Pertama, apakah di dalam bersih, dan yang kedua adalah tidak ada yang diam-diam menunggu di dalam,' kata Yayasan Nippon seperti dikutip bgr.com.

"Dengan menggunakan teknologi baru, kami membuat dinding luar dengan kaca yang menjadi buram saat kunci ditutup, sehingga seseorang bisa check-in sebelum masuk. Di malam hari, toilet-toilet itu menerangi taman seperti lentera yang indah."

"Idenya di sini adalah, karena toilet itu transparan maka orang yang menggunakannya akan meninggalkan toilet transparan itu sebersih ketika mereka memasukinya."

Selain itu, estetika menjadi alasan dibuatnya toilet transparan tersebut.

"Faktanya, toilet-toilet itu bersinar di malam hari seharusnya memberikan kenyamanan tambahan bagi orang yang lewat karena tidak ada orang yang bersembunyi di dalam, menunggu untuk menjebak mereka."



Simak Video "Unik! Ada Toilet 'Transparan' di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA