Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Agu 2020 16:02 WIB

TRAVEL NEWS

Ritual Malam 1 Suro di Gunung Tidar Magelang Ditiadakan

Eko Susanto
detikTravel
Gerbang Gunung Tidar
Gerbang Gunung Tidar, Magelang (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Peringatan malam 1 Suro di Gunung Tidar, kota Magelang ditiadakan. Peniadaan kegiatan tersebut karena bertepatan dengan masa pandemi COVID-19.

Pengumuman ditangguhkannya kegiatan malam 1 Suro tersebut sebagaimana dalam spanduk yang dipasang di Jalan Ikhlas. Kemudian ada pula di bawah gapura menuju Kebun Raya Gunung Tidar dan pintu masuk.

Dalam pengumuman tersebut tertulis, 'Mohon maaf kepada seluruh pengunjung Wisata Kebun Raya Gunung Tidar sehubungan dengan masa pandemi COVID-19 kegiatan malam 1 Suro yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2020 ditangguhkan dahulu untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Jam operasional tanggal 19 Agustus 2020 pukul 07.00 - 15.30 WIB'.

Pemasangan spanduk pengumuman tersebut dilakukan Tim Gugus COVID-19 kota Magelang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, UPT Kebun Raya Gunung Tidar.

"Ya acara ditangguhkan, tepatnya ditiadakan dulu untuk malam 1 Suro tahun ini sehubungan dengan Pandemi COVID-19," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Otros Trianto dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Rabu (19/8/2020).

Gerbang Gunung TidarGerbang Gunung Tidar Magelang (Foto: Eko Susanto/detikcom)


Sementara itu, Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar, Agus Suprijanto menambahkan, selama pandemi COVID-19 ini Wisata Kebun Raya Gunung Tidar dibuka mulai pukul 07.00 sampai 15.30 WIB. Peniadaan acara ini untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Hari ini dibuka mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.30 WIB. Untuk acara malam 1 Suro ditiadakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona," tuturnya.

Sebagaimana diketahui bahwa di Gunung Tidar tersebut terdapat makam Syaikh Subakir yang dulunya menyebarkan agama Islam. Untuk itu banyak peziarah yang menuju Gunung Tidar ini saat malam 1 Suro. Kemudian, selain itu ada juga Makam Kyai Sepanjang dan Makam Kyai Semar.

[Gambas:Video 20detik]



(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA