Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Agu 2020 19:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ide Liburan Long Weekend? Ujung Kulon Sudah Menantimu

Bahtiar Rivai
detikTravel
Ujung Kulon
Foto: (Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang -

Ujung paling barat pulau Jawa atau Ujung Kulon bisa jadi wisata alternatif saat long weekend. Cantiknya selalu bikin kangen.

Pesona alamnya masih belum banyak terjamah, apalagi di sana ada Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang jadi kawasan konservasi badak Jawa.

Meskipun jadi kawasan konservasi, ada beberapa kawasan diperuntukkan bagi wisatawan. Pihak taman nasional, telah memberi izin pembukaan wisatawan sejak 10 Agustus 2020 lalu.

Bagi traveler ke Ujung Kulon, akan lebih baik jika datang berkelompok minimal 10 orang. Disarankan tidak berangkat sendiri meskipun ada angkutan umum dari Serang ke Ujung Jaya atau desa paling terakhir di ujung pulau Jawa. Solo travel akan membutuhkan biaya yang relatif lebih besar.

Kenapa berkelompok, karena objek wisata di Ujung Kulon sendiri menawarkan perjalanan dan penjelajahan ke pulau-pulau di sekitar taman nasional. Ada pulau Peucang, Handeleum, Badul sampa Oar. Makanya, perlu ada biaya perjalanan tambahan untuk menyewa kapal agar lebih leluasa menjelajah. Enaknya, biaya itu dibagi ke beberapa orang agar lebih murah.

Ujung KulonUjung Kulon Foto: (Bahtiar Rivai/detikcom)

Pegiat wisata di Desa Taman Jaya, Haji Rawa memberi saran traveler ke Ujung Kulon. Meski soal harga akan bervariasi, ia meyarankan masing-masing traveler menyiapkan Rp 500 ribu untuk dua hari satu malam dengan minimal 10 sampai 15 orang.

Keuntungannya adalah perjalanan wisata ke pulau Peucang sampai Handeleum. Di Peucang, wisatawan bisa dimanjakan dengan pantai pasir putih, sawa liar yang bisa ditemukan mulai dari rusa, monyet, sampai babi hutan yang bebas berkeliaran. Di sana juga ada pohon kiara yang merupakan pohon rimba berbadan raksasa.

Ujung KulonUjung Kulon Foto: (Bahtiar Rivai/detikcom)

"Paket ini perorangan, sudah termasuk penginapan untuk 2 hari satu malam, menginap dan paginya bisa ke Peucang, balik ke penginapan dan besoknya bisa menikmati Handeleum," kata Rawa belum lama ini saat detiktravel ke Ujung Kulon, Pandeglang, Banten.

Di Handeleum, wisatawan bisa menikmati objek wisata muara Cigenter yang alamnya mirip seperti di pedalaman sungai amazon.

Tapi, berwisata ke Ujung Kulon memang punya tantangan sendiri. Selain lokasinya cukup jauh, akses menuju kawasan sana terbilang masih buruk. Jalan rusak akan menyulitkan jika traveler menggunakan kendaraan jenis city cars.

Ujung KulonUjung Kulon Foto: (Bahtiar Rivai/detikcom)

Saat detiktravel ke kawasan sana, ruas jalan yang rusak parah bisa ditemui di Desa Tunggal Jaya, Taman Jaya, sampai ke yang lebih parah di Ujung Jaya. Tapi tenang, sejak bencana tsunami 2018 lalu, akses menuju Kecamatan Sumur melui jalur pesisir dari Tanjung Lesung sangat baik.

Tapi, lelahnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan alam Ujung Kulon. Belum lagi, pesona saat melihat sunset yang tenggelam di Samudera Hindia.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA