Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Agu 2020 10:11 WIB

TRAVEL NEWS

Masih Uji Coba, Gunung Gede Pangrango Sudah Ramai Pendaki

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Padatnya aktivitas di ibukota membuat diri kita butuh refreshing. Untuk mendapatkannya, traveler tak perlu pergi jauh-jauh. Coba saja glamour camping di Tanakita, Sukabumi.
Foto: Rachman Haryanto
Sukabumi -

Pendakian Gunung Gede Pangrango hingga tanggal 24 Agustus masih taraf uji coba. Di media sosial Instagram, akun fanbase TNGGP menulis postingan sempat terjadi kepadatan pendaki pada weekend kemarin.

Sahyudin, kasi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Besar Taman Nasional Gede Pangrango (BBTNGGP), mengatakan uji coba itu berlangsung pada tanggal 20-24 Agustus. Pendakian resmi Gunung Gede Pangrango dimulai hari ini (25/8).

"Untuk pendakian sudah dibuka melalui uji coba dulu kemarin pada saat long weekend, 20-24 Agustus, selama lima hari kita uji coba namun belum memberlakukan sistem booking online, masih on the spot dan itu lebih banyak mengakomodasi atau memberdayakan pemegang izin jasa," kata Sahyudin kepada detikcom, Selasa (25/8) kemarin.

Dijelaskan Sahyudin ada dua koperasi ijin jasa yang melakukan layanan izin pendakian pertama di pintu masuk Cibodas dan di Gunung Putri pada saat tahapan uji coba kemarin.

"Untuk jumlah pengunjung memang kita di berikan aturan oleh kementerian itu 50 persen dari kuota normal jadi kuota normalnya 1200 (pendaki), kami maksimal 600 per hari dan dari data yang masuk tidak mencapai batas kuota tertinggi dari setiap hari setiap pintu masuk khusus Cibodas dan Gunung Putri," dia menambahkan.

Sahyudin mengaku heran dengan istilah padat tersebut, karena yang berlaku untuk pintu masuk hanya dari Cibodas dan Gunung Putri tersebut. Pembatasan kuota pendakian Gunung Gede dan Pangrango akan terus diberlakukan hingga dimulainya sistem izin pendakian melalui aplikasi online pada tanggal 27 Agustus nanti.

"Nanti secara resmi nanti sudah memberlakukan sistem booking online, jadi siapapun karena time limit sampai pendaftaran tiga hari tuh, jadi untuk pendakian Gunung Gede Pangrango dibuka via aplikasi online nya nanti tanggal 27 Agustus," dia menambahkan.

Sahyudin menyebut jumlah pendaki dari data empat hari pemberlakuan uji coba itu hanya 708 orang, jadi dari 600 pendaki per hari tidak tercapai kuota maksimal karena menurutnya itu di bawah standar kuota normal.

"Ketika kuota 600 orang pada saat pembukaan pertama pendakian Gunung Gede Pangrango pada tanggal 24 Agustus masuk naik, nah pada saat pagi atau siang itu mereka masih ada di atas padahal hari berikutnya misalkan masuk juga 200 lah, nah di atas kemungkinan jadi 400, nah di aturan kan hanya one night atau satu malam. Kita juga tidak bisa memantau orang per orang karena petugas terbatas, tapi normatif aturan kita terapkan," dia menjelaskan.



Simak Video "Petugas Evakuasi Pendaki Meninggal Dunia di Gunung Bawakaraeng"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Debat Capres AS
×
Trump VS Biden
Trump VS Biden Selengkapnya