Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Sep 2020 17:06 WIB

TRAVEL NEWS

Turki yang Mulai Bersinar, Jutaan Turis Berkunjung ke Sana

Bonauli
detikTravel
ISTANBUL, TURKEY - JULY 09: People wearing face masks walk in Istanbuls famous Grand Bazaar on July 09, 2020 in Istanbul, Turkey. Turkey continues to ease restrictions after recently reopening, cafes, restaurants, parks, inter-city travel and selected businesses, giving retailers, shopping malls and tourist operators hope that the economy will be reactivated. After easing restrictions, Turkeys consumer confidence index edged up to 62.6 points in June from 59.5 the previous month. As of July 09, Turkey has reported 5,300 coronavirus-related deaths and 209,962 confirmed cases. (Photo by Burak Kara/Getty Images)
Istanbul (Getty Images/Burak Kara)
Ankara -

Turki terbilang tanggap dalam melakukan new normal di tengah pandemi. Pariwisatanya sudah berjalan dan terbilang berhasil. Keberhasilan ini tak lepas dari usaha Turki dalam meyakinkan turis soal protokol kesehatan yang aman. Pemerintah dengan cepat menggunakan strategi sertifikasi kesehatan di tempat-tempat wisata.

Hasilnya Turki hampir menormalkan industri pariwisata. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki menyatakan bahwa mereka telah menampung hampir 5,5 juta turis selama pandemi virus Corona.

Langkah pencabutan pembatasan mobilitas sosial dan jaga jarak yang ketat membantu Turki mengembalikan perekonomian yang tumbang. Pada bulan Juli saja, Turki menerima 932.927 turis. Angka ini memang jauh dari kunjungan tahun lalu pada periode yang sama yang mencapai 6,5 juta orang. Total tahun 2019 lalu ada 49 turis yang memasuki Turki, naik dibanding tahun 2018 yang mencapai 39,5 juta.

"Kami memutuskan untuk lebih meningkatkan Program Sertifikasi Pariwisata Aman dengan tujuan mengatasi masalah kesehatan. Kami ingin program ini menjadi permanen bahkan dalam periode pasca pandemi sambil meningkatkan kriterianya," ujar Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy.

Sejauh ini sudah sekitar 4.900 fasilitas yang disertifikasi oleh Pemerintah. Sertifikasi ini mencakup transportasi, akomodasi hingga kondisi kesehatan karyawan perhotelan dan juga wisatawan.

"Turki mungkin akan menampung lebih dari 15 juta turis pada akhir tahun 2020 selama lalu lintas udara tidak terganggu oleh komplikasi pandemi lebih lanjut," ungkapnya.

Kalau soal pendapatan, Turki sudah memperkirakan angka lebih dari USD 11 miliar untuk tahun ini. Totalnya ada 6,5 juta wisatawan yang berkunjung ke Turki. Sekitar 1,2 juta orang adalah warga Turki yang tinggal di luar negeri atau memiliki kewarganegaraan ganda. Sementara 5,3 juga adalah orang asing.

Kota yang paling banyak dikunjungi adalah Istanbul. Ada 2,7 juta wisatawan yang datang ke sana. Ini membuktikan bahwa Istanbul adalah daya tarik utama yang konsisten di Turki. Destinasi populer lainnya adalah Kota Edirne dan Antalya. Sementara turis yang paling banyak datang dari Jerman, Bulgaria dan Rusia. Wah, selamat ya Turki! Indonesia kapan ya?

[Gambas:Video 20detik]




(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA