Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Sep 2020 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Diresmikan Ganjar, Trans Jateng Purworejo-Magelang Gratis hingga 9 September

Rinto Heksantoro
detikTravel
Trans Jateng
Foto: (Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Pemprov Jawa Tengah hari ini meluncurkan Bus Trans Jateng jurusan Purworejo - Magelang. Pada sembilan hari pertama, penumpang tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Layanan Bus Trans Jateng ini merupakan bentuk dukungan Pemprov Jateng untuk menunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur yang merupakan salah satu destinasi super prioritas. Bus tersebut akan berangkat dari Terminal Kutoarjo dan berhenti di Terminal Borobudur begitu juga sebaliknya.

Untuk bus yang berangkat dari Terminal Kutoarjo akan melintasi Stasiun Kutoarjo - Terminal C Purworejo - Pasar Kutoarjo - Pasar Desa Bandungrejo - AKPER Purworejo - Gor Sarwo Edhi Wibowo - Simpang 4 Perum Sucen - Pondok Pesantren An Nawawi - Plaza Purworejo - Pertigaan Maron - SMPN 19 Purworejo - Desa Jati - Pasar Margoyoso - Pertigaan Sekar Panjang - Pasar Krasak - SMK Muhammadiyah Salaman - Polsek Salaman - SMP N 1 Salaman - Taman Reptile Rescue Borobudur - Balkondes Saka Pitu - TK PGRI Puspita - Perempatan Koramil (BBC) -Terminal Borobudur.

Sedangkan pemberangkatan dari Terminal Borobudur akan melewati Perempatan Koramil (BBC) TK PGRI Puspita - Balkondes Saka Pitu - Taman Reptile Rescue Borobudur - SMPN 1 Salaman -Polsek Salaman - SMK Muhammadiyah Salaman - Pasar Krasak - Pertigaan Sekar Panjang -Pasar Margoyoso - Desa Jati - SMPN 19 Purworejo - Pertigaan Maron - Plaza Purworejo - Pondok Pesantren An Nawawi - Simpang 4 Perum Sucen - Gor Sarwo Edhi Wibowo - AKPER Purworejo - Pasar Desa Bandungrejo - Alun alun Kutoarjo - Stasiun Kutoarjo.

Secara resmi peluncuran dilaksanakan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Selasa (1/9/2020). Keberadaan trayek baru tersebut diharapkan bisa mempermudah transportasi masyarakat.

"Hari ini kita me-launching bus trans Jateng Kutoarjo - Purworejo ya, harapannya masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas dengan gampang. Mulai hari ini sampai dengan tanggal 9 (September) kita uji coba gratis. Kita akan mencoba membantu transportasi umum dimana pelajar, veteran sama buruh itu kita kasih tarif yang murah Rp 2.000 yang lainnya Rp 4.000," kata Ganjar kepada detikcom usai peluncuran bus.

Trans JatengTrans Jateng Foto: (Rinto Heksantoro/detikcom)

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, jalur Kutoarjo - Borobudur dipilih lantaran merupakan daerah wisata. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jalur akan dirubah sesuai dengan perkembangan.

"Ya areanya ini bagus, daerahnya daerah wisata gitu ya. Maka jika ini bisa menjadi dukungan kelancaran ekonomi, transportasi, pariwisata tentu kita akan support. Bukan berarti ini jalurnya fix, bisa jadi nanti kalau dalam perkembangan perlu kita review maka akan kita review," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat menuturkan bahwa sebanyak 14 unit armada telah disiapkan untuk melayani rute baru tersebut. Sepanjang rute Purworejo - Magelang ada sekitar 42 halte yang tersedia. Saat ini halte tersebut sedang dalam proses pembangunan secara fisik, dan dipastikan selesai pada 2021 mendatang.

"Layanan angkutan Aglomerasi Trans Jateng dimulai pukul 05.00 WIB hingga 18.00 WIB. Kami siapkan sebanyak 14 bus yang akan berhenti di 42 halte yang tersedia," ucapnya.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA