Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Sep 2020 21:04 WIB

TRAVEL NEWS

Karakteristik Benua Eropa yang Membuat Berbeda dari Daerah Lain

Puti Yasmin
detikTravel
Transportasi Masa Depan Hyperloop Rambah Benua Eropa
Foto: Mashable/Karakteristik Benua Eropa yang Membuat Berbeda dari Daerah Lain
Jakarta -

Benua Eropa hampir seluruhnya terletak di dataran Eurasia atau gabungan dari Benua Asia dan Eropa. Dataran ini menjadi yang terbesar ke-4 di dunia karena memiliki luas mencapai lebih dari 10.000.000 km². Hanya wilayah kepulauan Inggris, Islandia, dan Italia yang tidak berada dalam dataran tersebut.

Secara astronomis, letak benua Eropa berada di 10° BB - 66° BT dan 34° LU - 71° LU. Hal ini pun membuat benua Eropa memiliki karakteristik yang berbeda dibanding dengan daerah lain.

Berikut karakteristik Benua Eropa:

Karakteristik Alam Benua Eropa

Bentang alam di benua Eropa dibagi menjadi tiga wilayah, yakni pegunungan tua di Utara, dataran tinggi di Tengah, dan pegunungan lipatan di Selatan. Titik tertinggi daratan berada di gunung Elbrus.

Iklim benua Eropa dibagi menjadi empat macam, pertama adalah iklim laut (oceanis) yang berada di Benua Eropa Barat, seperti pantai Barat Norwegia. Di sepanjang pantai samudera Atlantik angin Barat Daya membawa udara tropis yang hangat dan lembab ke daerah yang tinggi. Akibatnya, pada musim panas, udara selalu sejuk dan hujan sering turun, meskipun tidak banyak pada musim gugur dan dingin.

Kemudian, karakteristik benua Eropa Timur khasnya adalah iklim kontinen. Iklim ini memiliki perbedaan temperatur antara musim dingin dan panas. Bahkan, curah hujan lebih rendah dibanding dengan tipe iklim oceanis.

Selanjutnya, iklim Sub-Arktik berada pada karakteristik Benua Eropa Utara dan Timur. Biasanya, iklim ini membuat musim dingin semakin berat karena pengaruh kutub Utara.

Karakteristik Benua Eropa Selatan beriklim Mediterania. Iklim ini ditandai dengan musim dingin terasa sejuk dan lembab sehingga banyak turun hujan. Tipe iklim ini terjadi karena bertiupnya udara tropis dari Barat.

Karakteristik Penduduk Benua Eropa

Sebagian besar penduduk Eropa berasal dari ras Kaukasoid berkulit putih, berambut pirang, dan berhidung mancung. Sebagian besar atau sekitar 75% mereka tinggal di kawasan perkotaan dengan mata pencaharian di sektor industri, perdagangan, dan pelayanan masyarakat.

Namun, ras Kaukasoid pada dasarnya dibagi menjadi tiga subras, yakni Subras Nordik dengan ciri fisik bermata biru dan berambut sangat pirang. Biasanya mereka berada di Eropa Utara.

Kemudian, Subras Alpina dengan ciri bermata cokelat dan rambut pirang yang berada di Eropa Tengah. Terakhir adalah Subras Mediteran dengan ciri fisik mata agak kecokelatan dan rambut hitam bergelombang,. Mereka biasanya berada di Eropa bagian Selatan.

Selamat belajar karakteristik Benua Eropa!



Simak Video "Eropa Perketat Social Distancing Akibat Naiknya Kasus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA