Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Sep 2020 14:19 WIB

TRAVEL NEWS

Usai Dibakar, Patung Melania Trump yang Hangus Kembali Dipamerkan

Putu Intan
detikTravel
Mengapa patung Melania Trump di Slovenia dibakar saat hari kemerdekaan AS?
Patung Melania Trump di Slovenia. (Foto: BBC World)
Sevnica -

Patung Melania Trump yang dibakar pada Juli lalu akhirnya dipamerkan kembali di hadapan publik Slovenia pada Rabu (2/9/2020) waktu setempat.

Patung Melania Trump yang telah hangus itu kini ditempatkan di galeri seni Kota Koper, Slovenia, setelah sebelumnya diamankan. Patung ini menjadi sasaran amuk masa pendemo Black Lives Matter tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS), 4 Juli 2020.

Berbeda dengan versi aslinya, bagian wajah patung itu telah kabur. Wajahnya kini memperlihatkan pahatan kasar dan tidak dapat dikenali lagi. Padahal patung ini sempat menjadi simbol politik AS.

"Objek ini (patung yang hangus) mewakili visual dari ketegangan politik yang terjadi di negara saya," kata Brad Downey, seniman AS yang berbasis di Jerman, sebagaimana diwartakan Reuters.

Seniman berusia 40 tahun itu mulanya meminta seniman Slovenia Ales Zupevc untuk membuat patung seukuran manusia yang menyerupai ibu negara AS itu. Patung itu diukir di batang pohon di pinggiran Sevnica, Slovenia Tengah yang merupakan tempat kelahiran Melania Trump.

Patung itu menggambarkan Melania Trump yang mengenakan mantel biru sambil mengangkat tangan kirinya. Patung ini mirip Melania Trump ketika menghadiri pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS.

Tujuan dari pembuatan patung tersebut agar dapat membuka dialog termasuk mengenai perdebatan sengit tentang imigran. Melania Trump sendiri merupakan representasi imigran karena ia seorang model yang lahir di Slovenia pada 1970 ketika negara itu masih menjadi bagian dari Yugoslavia. Ia kemudian hijrah ke AS pada 1990-an.

Selain patung Melania Trump, pameran ini juga memperlihatkan replika plastik patung kayu dan cetakan yang digunakan untuk membuat patung perunggu Trump. Patung Trump ini akan diresmikan di Rozno, dekat Sevnica pada pekan depan.



Simak Video "Melania Trump Masih Batuk-batuk Usai Sembuh dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA