Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Sep 2020 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Buka Kembali, Ini Teknis Baru Berkunjung ke Wae Rebo

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Desa Wae Rebo
Ilustrasi Desa Adat Wae Rebo (Gilang Negara/d'Traveler)
Manggarai -

Desa Adat Wae Rebo di Kabupaten Manggarai telah buka kembali sejak Minggu kemarin (6/9/2020). Berikut teknis pelaksanaan protokol kesehatan di sana.

Pembukaan kembali Desa Adat Wae Rebo ditandai secara simbolik oleh kedatangan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat bersama pihak Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) secara langsung ke lokasi.

Selain mengumumkan pembukaan kembali, kehadiran protokol kesehatan juga kian melengkapi pengalaman berwisata di desa adat tersebut pasca masa adaptasi kebiasaan baru.

Pembukaan kembali Desa Adat Waerebo juga disambut baik oleh Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina. Shana menyatakan BOPLBF siap mendukung pembukaan wisata Wae Rebo melalui pendampingan mengenai protokol kesehatan dan penyediaan fasilitas fisik CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Enviromental Sustainability).

"Saya sangat senang, karena mulai hari ini Desa Adat Wae Rebo telah dibuka kembali oleh Bapak Gubernur. Kami siap mendukung pendampingan kepada masyarakat Desa Wae Rebo mulai dari protokol kesehatan hingga penyediaan fasilitas fisik untuk CHSE," tegas Shana dalam rilisnya pada detikTravel, Rabu (9/9/2020).

[Gambas:Instagram]



Selain itu Shana Fatina juga menegaskan, para wisatawan yang berkunjung ke Wae Rebo nantinya diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Penerapan protokol kesehatan wajb dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga keamanan, khususnya kesehatan masyarakat dan wisatawan yang datang berkunjung.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pokdarwis setempat untuk menempatkan petugas di pintu masuk kedatangan untuk memastikan agar para wisatawan yang datang berkunjung diwajibkan memakai masker dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum melakukan pendakian," terangnya.

Lebih lanjut, kini kunjungan wisata ke Desa Adat Wae Rebo perlu didahului dengan pendaftaran online via situs resmi registration.labuanbajoflores.id.

Dengan cara tersebut, pihak Pemprov dan BOPLBF dapat melakukan pemantauan atau tracing terhadap wisatawan yang datang berkunjung ke Wae Rebo. Teknis yang sama juga berlaku untuk sejumlah destinasi wisata lainnya di Labuan Bajo.

[Gambas:Video 20detik]



(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA