Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Sep 2020 15:50 WIB

TRAVEL NEWS

Mungkin Ini Teko Termahal di Dunia, Harganya Rp 2 Miliar

Putu Intan
detikTravel
Mungkin Ini Teko Termahal di Dunia, Harganya Rp 2 Miliar
Teko antik dari China dengan harga yang sangat mahal Foto: Mark Laban/Hansons/BBC
Derbyshire -

Jangan tertipu dengan ukurannya yang kecil. Teko antik dari China ini dijual dengan harga Rp 2 miliar pun masih laku.

Sebuah teko China yang langka baru-baru ini ditemukan secara tak sengaja di sebuah garasi di Inggris. Yang bikin kaget, ternyata banyak orang memburunya dengan harga tinggi.

Teko itu diperkirakan laku dijual dari rentang harga 20.000-40.000 poundsterling. Namun orang China diprediksi mau membayar sampai 100.000 poundsterling atau nyaris Rp 2 miliar. Akan tetapi pemilik teko itu akan memberikannya pada toko amal.

Dilansir dari BBC, pemilik teko yang tak mau disebutkan identitasnya itu menceritakan bahwa teko tersebut dibawa oleh kakeknya saat Perang Dunia II. Kala itu kakeknya memang bertugas di kawasan Asia.

Pemilik teko mengatakan, teko tersebut sempat dipajang di lemari ibunya selama bertahun-tahun sebelum akhirnya ditempatkan di sebuah kotak. Kotak itu diletakkan di garasi Gereja Gresley, Derbyshire.

Mungkin Ini Teko Termahal di Dunia, Harganya Rp 2 MiliarFoto: Mark Laban/Hansons/BBC

Karena lockdown Corona, si pemilik memiliki banyak waktu di rumah. Ia pun membongkar barang-barang di garasi dan menemukan harta karun tersebut.

"Saya akui, saya berpikir untuk mengirimkan semua barang ke toko amal,"katanya.

"Saya selalu berpikir tentang teko itu, yang saya sebut spesial," imbuhnya.

Ketika menemukan teko itu kembali, pemiliknya sempat ragu bahwa teko itu benar-benar barang antik. Namun saat diperiksa oleh juru lelang Charles Hansons, ternyata teko ini memang bernilai tinggi.

Teko berukuran 15 cm itu merupakan tempat penyimpanan wine dari abad ke-18. Teko ini diduga dulunya digunakan di istana Kaisar Qianlong.

Hansons juga menyebut, ada dua teko lainnya yang hampir identik dengan teko itu. Teko-teko tersebut disimpan di museum Taiwan dan China.

"Ini menjadi temuan saat lockdown terbaik yang pernah ada. Sungguh menakjubkan menemukan teko wine milik kaisar di rumah Derbyshire," kata Hansons.

Teko ini akan dilelang secara online pada 24 September 2020. Apakah traveler tertarik membelinya?

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA