Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Sep 2020 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Mengintip Pembangunan Puncak Waringin Kebanggaan Jokowi

Bonauli
detikTravel
Pemandangan dari Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat
Pemandangan dari Puncak Waringin (Bonauli/detikTravel)
Labuan Bajo -

Puncak Waringin adalah proyek pembangunan Labuan Bajo yang jadi destinasi superprioritas. Sudah sejauh mana ya garapannya?

detikcom mendapat kesempatan berkunjung ke Labuan Bajo bersama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBJF). Kunjungan hari ini, Minggu (13/9/2020), adalah ke Puncak Waringin.

Januari lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Puncak Waringin dan jatuh hati pada tempat tersebut. Sejak dulu Puncak Waringin sudah jadi tempat menikmati sunset oleh warga lokal.

Kini Puncak Waringin akan dijadikan sebagai destinasi unggulan Labuan Bajo. Desain bangunannya dikerjakan oleh arsitektur kondang, Yori Antar.

"Puncak Waringin akan jadi pusat suvenir dan creative hub. Narasinya adalah kompas Bajo," ujarnya.

Puncak Waringin akan dibangun tinggi menghadap timur dan barat, sehingga pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan water front dan sunset.

"Water front akan jadi rumah santai untuk melihat sunset," jelasnya.

Yori menjelaskan bentuk bangunan terinspirasi dari gabungan adat Bugis, Bajo, dan Manggarai. Material yang digunakan adalah batu lokal.

"Di sini kita punya sunset, pulau berlapis, bukit runcing dan kapal phinisi, meski sebagian pemiliknya orang asing. Presiden bilang kita jadikan ini tempat wisata kelas dunia, superpremium," paparnya.

Pemandangan dari Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai BaratPembangunan di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat (Bonauli/detikTravel)

Puncak Waringin jadi pemacu pembangunan Labuan Bajo. Kini sudah ada banyak investor yang membangun hotel di sana.

"Tidak ada slow down, semua digas. Saat pandemi lewat, kita siap. Ini kapan paling cepat, nanti rumah-rumah warga kita siapkan jadi homestay dan pusat suvenir," katanya.

Puncak Waringin mulai dibangun pada Maret 2020 dengan nilai kontrak sekitar Rp 18 miliar. Nantinya pembangunan Puncak Waringin ditargetkan selesai di akhir tahun.

Lihat video: Jokowi Ingin Percantik Puncak Waringin

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA