Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Sep 2020 16:03 WIB

TRAVEL NEWS

PSBB Jakarta Diyakini Takkan Ganggu Jumlah Penumpang Pesawat

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Calon penumpang dengan menerapkan jaga jarak bersiap menaiki pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (10/7/2020. Pada masa tatanan normal baru lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mulai meningkat pada bulan ini. Periode 1-5 Juli 2020, rata-rata penerbangan sebanyak 355 penerbangan per hari, naik dibandingkan pada 1-30 Juni 2020 rata-rata 243 penerbangan per hari.
Calon penumpang dengan menerapkan jaga jarak bersiap menaiki pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Foto: dok. AP II)
Jakarta -

PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di DKI Jakarta mulai Senin 14 September tidak akan berdampak signifikan terhadap jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam survei yang dilakukan terhadap penumpang oleh PT Angkasa Pura II terlihat, mayoritas penumpang tetap akan menggunakan moda angkutan udara saat PSBB. Survei digelar menggunakan metode dipstick survey dengan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan informasi secara cepat mengenai isu tertentu dari responden. Adapun responden adalah 111 penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

"Dari survei yang dilakukan, PT Angkasa Pura II dan stakeholder dapat mengambil langkah yang diperlukan agar operasional bandara serta penerbangan berjalan lancar dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Berikut hasil survei yang digelar setelah Pemprov DKI Jakarta mengumumkan penerapan PSBB DKI Jakarta mulai 14 September 2020:

1. 88% responden mengetahui DKI Jakarta akan kembali menerapkan PSBB


Mayoritas responden yakni sebanyak 88% telah terinformasi bahwa PSBB akan kembali diterapkan di Jakarta. Sementara itu, masih ada responden yang tidak mengetahui (5%) dan juga tidak mengikuti perkembangan (7%).

"Cukup banyak responden yang sudah mengetahui penerapan PSBB ini, dalam artian mungkin mereka sudah memiliki berbagai persiapan termasuk terkait dengan perjalanan menggunakan pesawat," jelas Muhammad Awaluddin.

2. Sebanyak 75% responden tetap melakukan perjalanan dengan pesawat


Sebagian besar responden yaitu hingga 75% mengaku tidak akan membatalkan rencana perjalanan dengan pesawat dan tetap akan bepergian. Sementara itu, terdapat juga responden yang akan merencanakan ulang penerbangan (19%) dan membatalkan penerbangan (6%).

"Mayoritas responden tetap meyakini untuk terbang, baik sesuai jadwal atau merencanakan ulang jadwal penerbangan. Ini memberikan sinyal bahwa memang penerapan PSBB Jakarta tidak berdampak signifikan terhadap pergerakan penumpang pesawat," ujar Muhammad Awaluddin.

3. Sebanyak 89% responden meyakini protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta sejalan dengan penerapan PSBB DKI Jakarta


Mayoritas responden yakni mencapai 89% yakin bahwa Soekarno-Hatta telah menerapkan protokol kesehatan yang mendukung PSBB DKI Jakarta, sementara terdapat responden yang menyatakan belum sesuai (9%) dan menyatakan tidak sesuai sama sekali (2%).

Muhammad Awaluddin mengatakan sejalan dengan hasil survei ini maka dapat diambil kesimpulan bahwa responden sudah memiliki kepercayaan terhadap protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta sehingga membuat mereka tetap yakin untuk bepergian dengan pesawat ketika di masa PSBB.

4. Sebanyak 62% responden mengaku PSBB DKI Jakarta akan berpengaruh terhadap rencana penerbangan mereka


PSBB DKI Jakarta diperkirakan mempengaruhi rencana penerbangan, di mana sebesar 62% responden menyatakan hal tersebut. Mempengaruhi rencana penerbangan yang dimaksud bisa saja terkait dengan durasi lamanya perjalanan, jumlah orang yang bepergian, tujuan penerbangan dan sebagainya.

Sementara terdapat responden yang menyatakan PSBB Jakarta tidak berpengaruh terhadap rencana penerbangan (23%) dan biasa saja (15%).

Selanjutnya: Jumlah Penumpang

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA