Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Sep 2020 15:04 WIB

TRAVEL NEWS

Saudi Akan Izinkan Pelaksanaan Umrah Bertahap, Indonesia Kapan?

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Wabah virus Corona juga meneror kawasan Masjidil Haram. Kakbah sempat dikosongkan pada Kamis (5/3) waktu setempat usai Salat Ashar untuk disterilkan antisipasi penyebaran virus tersebut.
Foto: Makkah dok. Haramain Info)
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi rencananya akan mulai membuka penerbangan internasional, dan melakukan pelaksanaan umrah secara bertahap. Bagaimana untuk jemaah umroh asal Indonesia, kira-kira kapan diperbolehkan?

Arab Saudi mulai membuka penerbangan internasional besok, 15 September 2020. Forum Asosiasi Travel Haji dan Umrah (SATHU) mengaku, hingga hari ini belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari pemerintah Arab Saudi untuk kembali melaksanakan ibadah umroh dalam waktu dekat.

"Saya belum bisa mendapatkan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Pertama, karena sampai sekarang belum ada informasi secara resmi yang bisa dipertanggungjawabkan baik dari dalam negeri maupun Arab Saudi. Belum ada berita resmi," kata Ketua Harian Forum Shilaturrahim Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU), Artha Hanif saat dihubungi detik Travel, Senin, (14/9/2020).

Asosiasi Haji dan Umrah di Indonesia, Forum Shilaturrahim Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU) masih menunggu evaluasi pelaksanaan haji yang dilakukan di Arab Saudi dalam kapasitas terbatas beberapa bulan lalu. Hal ini bisa menjadi patokan untuk keamanan pelaksanaan umrah yang nantinya dilaksanakan kembali.

"Banyak hal yang masih kita tunggu. Sebelum berita resmi umroh, seharusnya kita menerima evaluasi pelaksanaan haji kemarin, kalau evaluasi sudah clear, memberikan gambaran Saudi dalam memberikan rencana dibukanya umrah," kata Artha.

Selama evaluasi pelaksanaan haji belum diberikan, masih ada rasa kekhawatiran untuk melaksanakan kembali kegiatan umrah. Jadi, untuk saat ini belum bisa dikatakan bahwa dalam waktu dekat bahwa umroh akan dilaksanakan kembali.

"Ketika evaluasi haji belum kita terima, maka rasanya berat kita bisa mengatakan bahwa umroh sudah dibuka," tambah Artha.



Simak Video "8 Pegawai Dinas Kominfo Gorontalo Positif Covid, 48 ASN Tes Swab"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA