Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Sep 2020 16:14 WIB

TRAVEL NEWS

Wuhan Sudah Pesta, Kota di China Ini Harus Lockdown

Tim detikcom
detikTravel
Corona di China
Ilustrasi tes Corona di China Foto: iStock
Ruili -

Kota pertama yang terinfeksi virus Corona di China, Wuhan, sudah mulai berpesta karena sudah turunnya angka penularan virus. Tapi di kota lain eh malah harus di-lockdown lagi.

Kota itu adalah kota Ruili. Jaraknya memang cukup jauh dari Wuhan, dan berbatasan dengan Myanmar. Mengutip AFP dan Reuters, lockdown harus dilakukan pemerintah setempat setelah ada kasus impor Corona yang diduga dari Myanmar. Setidaknya ada 3 kasus positif yang terdeteksi.

Pemerintahkota Ruili menyatakan bahwa warga setempat diminta untuk tetap berada di rumah dan orang-orang dilarang untuk masuk atau keluar dari kota tersebut mulai Senin (14/9) malam waktu setempat. Tes massal pun akan dilakukan pada setiap warga kota yang berpenduduk lebih dari 210 ribu jiwa.

Aktivitas bisnis di kota tersebut juga telah ditutup sementara, kecuali supermarket, apotek dan pasar makanan. Menurut para pejabat kota Ruili, penularan Corona itu dibawa dari Myanmar dan otoritas China akan 'menindak para imigran ilegal'.

Kota Ruili yang ada di wilayah perbatasan China dipisahkan oleh sungai dangkal dengan kota perbatasan Muse, yang ada di Myanmar. Muse diketahui menjadi pintu gerbang utama Myanmar ke China yang dikenal dengan jalanan kotor, senjata, kasino dan obat-obatan.

Wakil Walikota Ruili, Yang Bianqiang, menuturkan dalam konferensi pers bahwa otoritas kota itu akan memulangkan orang-orang yang tidak bisa memverifikasi waktu kedatangan mereka ke China. "Mereka tidak memiliki tempat tinggal tetap dan tidak memiliki tempat tetap untuk bekerja," katanya.

Pada Selasa kemarin, China melaporkan ada tujuh kasus baru Covid-19. Semuanya merupakan kasus impor. China pekan lalu juga menggelar 'perayaan kemenangan' atas wabah Corona. Presiden Xi Jinping memberi sejumlah penghargaan pada orang-orang yang berjasa melawan virus Corona di negara itu.



Simak Video "MUI: Salat Jumat Saja Boleh di Rumah, Apalagi Salat Id yang Sunnah"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA