Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Sep 2020 19:18 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Aksi Panen Bunga Edelweis di Gunung Lawu oleh Pendaki Perempuan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Bunga Edelweis Gunung Lawu
Pemetik bunga edelweis di Gunung Lawu (Foto: Facebook/Gunung Lawu 3265 MDPL)
Karanganyar -

Aksi pendaki perempuan berjilbab ini tidak untuk ditiru. Ia memanen bunga edelweis yang tumbuh subur di jalur pendakian Gunung Lawu.

Video yang merekam kejadian ini pun viral. Kejadian pendaki perempuan memetik bunga edelweis Gunung Lawu ini pada akhir pekan lalu. Ia sudah diperingati tapi malah terlihat ketus.

"PANEN MBAK...!!! Udah tau salah malah ngegas," kata akun Instagram anakgununglawu mengulangi pernyataan pembuat video, abnerhesky_.

Diketahui bahwa abnerhesky_ mengabadikan momen panen bunga edelweis oleh pendaki perempuan saat akan menuju ke puncak. Ia sedang melanjutkan perjalanan dari Pos 5.

"Saya mendokumentasikan vidio ini ketika saya waktu mau berangkat summit dari POS 5 Bulak Peperangan menuju ke Gupak Menjangan dan saya tidak sengaja menjumpai mbak² yang sedang asik memetik bunga Edelweiss (bunga abadi)," katanya.

[Gambas:Instagram]

abnerhesky_ berupaya menegur si pendaki perempuan berjilbab itu, namun tak dihiraukan. Wajah pendaki perempuan ini pun tak terlalu terlihat karena tertutup masker.

Bunga edelweis banyak tumbuh di Gunung Lawu. Bunga abadi yang dipetik kali ini ada di jalur pendakian via Candi Cetho.

"Ketika saya tegur si embak untuk suruh tidak memetik dan mengembalikan bunga Edelweiss itu kepada ke tempatnya si embak malah ngegass!! (Minggu 13 September 2020, Mt. Lawu 3.265 mdpl, Via Candi Cetho.)" ujar anakgununglawu.

Bunga Edelweis Gunung LawuLarangan memetik bunga edelweis di Gunung Lawu (Foto: Facebook/Gunung Lawu 3265 MDPL/Echo Berdikari)

Anak Gunung Lawu menginginkan kasus ingin tak terulang kembali. Para ranger Gunung Lawu itu menginginkan pihak berwenang dari unsur pemerintah akan mengambil langkah seperti pengelola Gunung Rinjani yang menindak tegas pendaki serupa.

"Teringat kejadian di rinjani, pihak pengelola segera bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah macam ini. Semoga @disparporakabkaranganyar dan @wisataperhutanisurakarta juga demikian," harap AGL menambahkan dalam komentarnya.

Sementara itu, di unggahan Facebook akun Gunung Lawu 3265 Mdpl, para pendaki juga netizen menyertakan foto-foto plang pelarangan memetik atau mengambil bunga edelweis. Bak detektif, akun yang diduga pendaki perempuan pun disertakan di sini.



Simak Video "Tangis Haru Ortu Pendaki yang Selamat Turun Gunung Lawu"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA