Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Sep 2020 17:00 WIB

TRAVEL NEWS

Mulai Besok Masjid Al Aqsa Ditutup Lagi 3 Minggu

Puti Yasmin
detikTravel
Masjid Al-Aqsa, Kiblat Suci Umat Islam yang Pertama

Masjid Al-Aqsa di Palestina ditutup akibat wabah Corona. Yuk kita lihat masjid yang pernah menjadi kiblat suci umat Islam yang pertama itu.
Foto: Getty Images/Spencer Platt/Kasus COVID-19 Meningkat, Mulai Besok Masjid Al Aqsa Ditutup 3 Minggu

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Yerusalem -

Kasus masyarakat yang terkena COVID-19 atau virus Corona di Yerusalem, juga di sejumlah wilayah yang masuk otoritas Palestina dan Israel terus mengalami peningkatan. Otoritas wakaf memutuskan menutup Masjid Al Aqsa mulai Jumat, 18 September 2020 besok hingga tiga pekan ke depan.

Menurut Anggota Otoritas Wakaf Hatem Abdel Qader, keputusan penutupan Masjid Al Aqsa dilakukan karena adanya lonjakan kasus COVID-19 di Israel dan Palestina. Harapannya, masyarakat bisa memahami keputusan tersebut.

"Menangguhkan masuknya jamaah ke Masjid Al Aqsa mulai Jumat Sore (18 September) selama tiga minggu. Kami berharap warga memahami prosedur ini untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka," jelas Hatem Abdel Qader kepada AFP seperti dikutip dari Al Arabiya.

Meski Masjid Al Aqsa ditutup, tapi adzan sebagai penanda masuk waktu sholat akan terus dikumandangkan di Kota Tua Yarusalem. Selama penutupan, hanya karyawan Wakaf yang tetap diperbolehkan untuk melaksanakan sholat di Masjid Al Aqsa.

Adapun, penutupan Masjid Al Aqsa juga bertepatan dengan keputusan lockdown dari otoritas Israel yang mengontrol pintu masuk Kompleks Masjid Al Aqsa selama tiga minggu.

Sebagai informasi, kasus COVID-19 di Israel telah mencapai 170 ribu. Dari total tersebut, dilaporkan 123 ribu orang sembuh dan 1.165 orang meninggal dunia.

Di masa pandemi ini, Al Aqsa memang sering buka tutup, pertama kali ditutup pada awal pandemi dan sepanjang bulan Ramadan. Kemudian akhir Mei Al Aqsa kembali dibuka dengan menerapkan jarak sosial. Salat jamaah di Masjid Al Aqsa dimulai Minggu (31/5) pada salat subuh.

Lihat video salat di Masjid Al Aqsa kala pandemi:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Tambah 3.989, Total Kasus Positif Covid-19 di RI Jadi 244.676"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA