Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Sep 2020 08:38 WIB

TRAVEL NEWS

Tarian-tarian Daerah Tradisional Asal Indonesia Terpopuler, Ini Daftarnya

Puti Yasmin
detikTravel
Bali, Indonesia - June 5, 2013: Traditional Ritual Balinese Kecak dance with elements of trance performed by men artists in traditional costumes  at Uluwatu Temple in the evening.
Foto: Getty Images/dislentev/Tarian-tarian Daerah Tradisional Asal Indonesia Terpopuler, Ini Daftarnya
Jakarta -

Tari merupakan salah satu kesenian yang banyak berkembang di Indonesia. Jumlah tarian tradisional asal Indonesia pun mencapai ratusan. Namun, tarian apa saja yang paling populer?

Dikutip dari buku 'Saya Ingin Terampil & Kreatif', tari tradisional adalah tari yang sudah ada secara turun-temurun. Adapun, gerakan dan pakaian tari ini sudah baku dan tidak dapat diubah-ubah lagi.

Berikut daftar tarian tradisional asal Indonesia yang populer:

1. Tari Topeng Betawi

Tarian ini berasal dari DKI Jakarta. Dalam tariannya, terdapat gerakan-gerakan yang harus dilakukan, yakni rapat nindak, selancar, kewer, cindol, selancar blang tur, dan gibang.

Untuk memainkannya, para penari tari Topeng Betawi biasanya dilengkapi dengan selendang, topeng, dan juga topi berhias kepala warna-warni.

2. Tari Piring

Ratusan anak-anak di Kampung Berseri Astra Jorong Tabek menampilkan kesenian tari piring dan silat dalam acara Festival Kampung Berseri Astra bertema Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Kearifan Lokal di Kabupaten Solok, Sumatra Barat (28/4).tarian daerah tradisional asal indonesia Foto: Istimewa

Tari Piring berasal dari Sumatera Barat. Tarian yang menggunakan piring sebagai propertinya ini memiliki arti syukur masyarakat kepada sang Pencipta atas rahmatnya.

Awalnya, tarian ini digunakan oleh masyarakat sebagai tanda syukur panen yang melimpah. Tetapi seiring perkembangan zaman, tarian ini biasa digunakan untuk acara penyambutan hingga pernikahan.

3. Tari Reog Ponorogo

Sesuai dengan namanya, tarian ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Para penarinya arus menggunakan topeng dadak merak yang besar.

Gambar dari dadak merak sendiri berkepala singa namun memiliki bulu-bulu merak. Tarian Reog Ponorogo biasa dimainkan sebagai hiburan.

4. Tari Gantar

Tarian ini biasa dimainkan oleh Suku Dayak dari Kalimantan. Makna di balik tarian ini adalah memohon keberkahan kepada Dewi Sri atau Dewi Padi.

Pada zaman dulu, setelah memainkan tarian ini masyarakat akan melakukan penyembelihan seekor kerbau. Bila mana darah kerbau keluar deras maka hasil panen yang diterima akan berlimpah.

5. Tari Saman

tari samantarian daerah tradisional asal indonesia Foto: shutterstock

Tari Saman merupakan tari tradisional dari Aceh yang dibuat oleh seorang ulama bernama Syekh Saman. Gerakan tarian ini berfokus pada kecepatan sehingga menciptakan aliran yang indah.

Selain menari, merekajuga bernyanyi dengan memuji keagungan Allah SWT. Awalnya, tarian ini dimainkan oleh laki-laki dan sekarang juga dimainkan oleh para wanita.

6. Tari Jaipong

Tarian Daerah Tradisional asal Indonesia lainnya adalah tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini sebenarnya perpaduan dari gerakan tari ketuk tilu, ronggeng, dan pencak silat.

Untuk memainkannya, para penari biasa menggunakan kostum berupa sinjang, apok, dan sampur. Selain itu, mereka juga akan diiringi musik dari goong, kecrek, dan juga rebab.

7. Tari Kecak

Bali, Indonesia - June 5, 2013: Traditional Ritual Balinese Kecak dance with elements of trance performed by men artists in traditional costumes  at Uluwatu Temple in the evening.tarian daerah tradisional asal indonesia Foto: Getty Images/dislentev

Tari yang berasal dari pulau Dewata ini terinspirasi dari ritual tradisional yang dilakukan masyarakat Bali. Kemudian, tarian ini diadaptasi untuk mengiringi cerita Ramayana dan Shinta.

Biasanya, tarian ini dimainkan oleh lebih dari 50 orang laki-laki. Gerakan tarian mulai dari menggerak-gerakan tangan diikuti dengan suara 'cak' berulang kali.

Selamat belajar tarian daerah tradisional asal Indonesia!



Simak Video "Tugas Berat Pawang Jaran Lumping, Aura Mistis yang Beresiko Tinggi Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA