Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Sep 2020 13:14 WIB

TRAVEL NEWS

Belum Terjamah! 5 Pantai di Indonesia Ini Masih Asri Banget

Faidah Umu Sofuroh
detikTravel
Pantai Lengkuas
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak heran bila negara ini memiliki segudang wisata alam berupa pantai indah yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Indonesia juga menjadi negara yang memiliki garis pantai terpanjang keempat di dunia yaitu sepanjang 95.181 km lho.

Keindahan wisata alam #DiIndonesiaAja yang berupa pantai tersebut memiliki keunikan dan pesonanya sendiri-sendiri. Ada pantai dengan pasir putih yang begitu halus, pantai dengan air yang begitu jernih, dan ada pula pantai tersembunyi yang begitu asri.

Berikut ini merupakan pantai-pantai yang wajib ada di bucket list wisata traveler, yang detikTravel rangkum dari berbagai sumber.

Pantai Sumur Tiga

Pantai TenggiriJernihnya perairan di Pantai Sumur Tiga, Aceh Foto: Shutterstock

Pantai Sumur Tiga ini berada di pesisir timur Pulau Weh, Provinsi Aceh. Dengan perairan biru kehijauan yang begitu jernih, pasir putih bersih yang indah terhampar di sepanjang pantai, hingga teduhnya pohon palem yang berjejer di pinggir pantai, menjadi pemandangan yang sangat mempesona. Tak hanya itu, perbukitan hijau tropis di sekelilingnya juga menambah keasrian Pantai Sumur Tiga.

Tak hanya menawarkan panorama pantai yang indah, saat menyelam ke dalam lautnya juga ada keindahan alam yang begitu menakjubkan. Bagi para penggemar snorkeling dan diving pasti akan betah berlama-lama menyelami dan menjelajah perairan di sekitar Pantai Sumur Tiga ini.

Jika beruntung, traveler bahkan bisa bertemu dengan lumba-lumba yang tampak jauh di laut lepas. Pastikan juga untuk berburu sunset di sini. Sebab, keindahan pemandangan Pantai Sumur Tiga akan makin memesona saat magic hour.

Untuk menuju ke pantai ini, traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Cukup membutuhkan waktu 10 menit dari Kota Sabang dan 20 menit jika dari Pelabuhan Balohan. Tak perlu khawatir tersesat, karena banyak petunjuk atau marka jalan menuju lokasi pantai ini.

Pantai Tenggiri

Pantai TenggiriKeunikan Pantai Tenggiri dengan batuan granit yang ada di sepanjang pantai Foto: Shutterstock



Pulau Bangka juga memiliki sebuah permata yaitu Pantai Tenggiri. Pantai ini berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, 30 km sebelah utara Kota Pangkalpinang, Bangka. Pantai ini memiliki perairan biru kehijauan yang jernih, pasir putih, serta ombak yang tenang.

Tak hanya itu, keunikan di Pantai Tenggiri yaitu batu granit yang tersebar di sepanjang pantai dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pengunjung bisa memanjat bahkan duduk di atasnya sembari menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

Perjalanan menuju Pantai Tenggiri ditempuh dalam waktu 45 menit menggunakan motor dari Pelabuhan Pangkal Balam, Bandara Depati Amir, Bangka. Traveler bisa menyewa berbagai jenis kendaraan dari bandara tersebut.

Alternatif lain, traveler juga bisa menggunakan angkutan umum dari Pangkalpinang dengan jurusan Pinang - Sungai Liat. Kemudian, perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan becak motor sampai ke kawasan Pantai Tenggiri.

Meskipun terbilang masih asri, tapi sudah ada beberapa penginapan di destinasi Pantai Tenggiri ini. Dengan menginap semalam saja, traveler bisa menikmati suasana sunrise yang sangat berbeda dan tak akan pernah bisa terlupakan di pantai ini.

Pantai Lengkuas

Pulau LengkuasKeindahan pantai dan mercusuar di Pulau Lengkuas di Belitung Foto: Shutterstock

Salah satu primadona pariwisata di Bangka Belitung adalah Pulau Lengkuas. Selain pantainya yang masih asri, panorama bawah lautnya juga tak kalah indah. Itulah alasan banyak orang yang datang ke pulau ini untuk snorkeling dan diving.

Mercusuar yang berdiri megah di Pulau Lengkuas ini merupakan salah satu landmark bersejarah yang berasal dari zaman kolonial Belanda. Mercusuar setinggi 62 meter ini berdiri sejak 1882 dan masih beroperasi hingga saat ini.

Untuk menuju Pulau Lengkuas, traveler bisa menempuh perjalanan laut dengan menggunakan perahu melewati Pantai Tanjung Kelayang. Perjalanan menuju Pulau Lengkuas dari Tanjung Kelayang berkisar 40 menit. Selain lewat Tanjung Kelayang, traveler juga bisa mencapai Pulau Lengkuas dari Tanjung Binga.

Pantai Kelingking

Pantai KelingkingPanorama Pantai Kelingking dari atas ketinggian Foto: Shutterstock

Butuh perjuangan untuk sampai ke Pantai Kelingking yang ada di Nusa Penida ini. Traveler harus melakukan perjalanan menuruni anak tangga dan hanya berpegang pada kayu-kayu di pinggiran tebing.

Butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke bawah dan 1,5 jam untuk kembali ke atas. Tentunya bukan perjalanan mudah, tapi saat sampai di Pantai Kelingking ini semua kelelahan di perjalanan akan terbayar tuntas.

Keunikan salah satu pantai wisata di Bali ini ada di tebingnya yang menyerupai kelingking T-Rex. Selain itu, rimbunnya pepohonan di tebingnya dipadukan dengan jernihnya laut sebiru kristal dan pasir putihnya yang terhampar menjadi kepuasan tersendiri bagi traveler yang berhasil sampai ke pantai ini.

Untuk menuju pantai yang terletak di Nusa Penida ini, traveler bisa menggunakan fast boat dari pelabuhan Pantai Sanur. Dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit menuju ke Toyapakeh, Nusa Penida. Kemudian, traveler bisa menyewa motor atau kendaraan sewaan lain yang banyak ditawarkan di penginapan-penginapan yang ada di Nusa Penida.

Pantai Bawana

Pantai BawanaMenikmati kelembutan pasir putih di Pantai Bawana Foto: Shutterstock

Sebuah pemandangan dramatis akan tercipta saat berfoto di pantai ini. Ikon 'Batu Bolong' menjadi spot favorit para traveler saat berwisata ke pantai yang berada di Kodi, Barat Daya Sumba.

Saat berencana ke pantai ini, pastikan untuk menetap hingga momen sunset tiba. Sebab, suasana matahari terbenam adalah momen yang paling membius saat berada di pantai ini. Rasanya tak mau pulang!

Di saat pagi atau siang hari, panorama Pantai Bawana juga tak kalah menakjubkan. Langit biru yang sangat jernih, pasir putih berkilauan, air biru jernih, tebing hijau subur dan tentu saja lengkungan lubang batu ikonik akan tampak sangat cantik dipandang mata.

Untuk menuju Pantai Bawana, traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Jarak tempuhnya sekitar 90 menit dari Kota Tambolaka.

Itu dia, 5 pantai #DiIndonesiaAja yang masih asri banget dan wajib dikunjungi suatu hari nanti. Lantaran masih asli, traveler yang datang harus menjaga kebersihan dan keasrian pantai-pantai ini, ya. Hal ini untuk mendukung sustainable tourism atau wisata berkelanjutan di Indonesia.

Selain itu, tetap perhatikan Protokol Kesehatan Berwisata agar liburan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak aman, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau bersihkan dengan hand sanitizer.

(prf/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA