Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Sep 2020 14:12 WIB

TRAVEL NEWS

Negara yang Terletak di Asia Selatan Apa Saja? Ini Daftar Lengkapnya

Puti Yasmin
detikTravel
NEW DELHI, INDIA - JULY 06: Tourists pose for a picture  in front the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) World Heritage Site of  Qutub Minar complex, on July 06, 2020 in New Delhi, India. Barring the iconic Taj Mahal, the Archeological Survey of India (ASI) Monday opened for the public the historical monuments which had remained closed for several months after the Indian government imposed a nationwide lockdown on March 25 to curb the spread of coronavirus which has so far claimed 20,000 lives and caused nearly 7 hundred thousand infections besides severely affecting the countrys economy. Security guards posted at several of the monuments, however, said there had hardly been any visitors as people were still apprehensive about catching the deadly virus. Under new guidelines, visitors can only visit ASI-protected monuments by acquiring online tickets, wearing masks, maintaining social distancing and undergoing temperature checks. (Photo by Yawar Nazir/Getty Images)
Foto: Getty Images/Yawar Nazir/Ilustrasi Negara yang Terletak di Asia Selatan Apa Saja? Ini Daftar Lengkapnya
Jakarta -

Berdasarkan letaknya, benua Asia terbagi menjadi lima wilayah, yakni Tengah, Timur, Tenggara, Selatan, dan Barat. Lantas, apa saja negara yang terletak di Asia Selatan?

Berdasarkan buku 'Geografi dan Sosiologi' Asia Selatan terletak di Jazirah India dengan luas mencapai 4.480.000 km². Wilayah tersebut berbatasan dengan negara Afghanistan di bagian Utara, laut Arab dan Teluk Benggala bagian Selatan.

Selain itu, benua ini dipenuhi dengan budaya agama Hindu Budha. Karena itu pula, wilayah tersebut terkenal sebagai pusat peradaban dunia dengan karakteristik yang berbeda dengan peradaban dunia lainnya.

Begitu pula dengan alamnya, berdasarkan peta terdapat pegunungan Himalaya yang membentang di bagian Utaranya. Ada juga berbagai jenis sungai besar, seperti Indus, Vitasta, Asiki, Parusni, dan sungai Cuturdri.

Sementara itu, iklim Asia Selatan bagian Selatan dan Tengah masuk dalam iklim tropis karena kondisi geografis yang diapit oleh lautan dengan dataran tinggi atau pegunungan yang membujur dari Utara ke Selatan dan membentuk daerah dataran rendah di bagian Barat dan Timurnya.

Nah, Asia Selatan meliputi negara apa saja ya?

1. Pakistan

Negara ini memiliki luas mencapai 881.913 km² dan berbatasan langsung dengan negara India. Pakistan menganut sistem pemerintahan Republik Islam dengan Ibu Kota Islamabad.

Pakistan memiliki pemandangan gunung Himalaya dari lembah distrik Swat. Selain pemandangan gunung, ada juga aliran sungai dan hutan yang menghiasai lembah cantik ini.

2. India

India memiliki jumlah penduduk terbesar kedua setelah China di Asia. Negara dengan Ibu Kota New Delhi ini memiliki luas wilayah mencapai 3,28 juta km².

Tempat wisata yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke India adalah Bangunan Taj Mahal. Bangunan yang dibangun untuk mengenang istri dari seorang kaisar ini berada di Kota Agra.

3. Bangladesh

Ibu Kota Bangladesh adalah Dhaka. Negara ini berbatasan langsung dengan negara India di baian Barat-Utara-Timur, Myanmar di Tenggara, dan Teluk Benggala.

Negara ini sangat terkenal akan tempat ibadahnya, salah satunya Masjid Bintang. Masjid yang dibangun pada abad ke-18 ini memiliki gaya arsitektur dan desain khas China yang cantik.

4. Sri Lanka

Ibu Kota Sri Lanka adalah Wardenavihara Kotte. Negara yang memiliki luas mencapai 65.610 km² ini terdiri dari delapan provinsi dan dipimpin oleh Perdana Menteri.

Tempat wisata yang wajib bila berada di sini adalah Kota Suci Kandy. Kota ini memiliki candi bernama Sri Dalada Maliaya yang masih digunakan untuk upacara keagamaan.

5. Kepulauan Maladewa

Negara yang juga dikenal dengan nama Maldives ini terkenal akan keindahan pantainya. Bayangkan saja, terdapat 1.300 pulau karang di negara dengan luas wilayah mencapai 300 km² ini.

Adapun, pantai yang terkenal di Maladewa adalah Male dan Maafushi. Pantai tersebut memiliki resort mewah yang menawarkan berbagai fasilitas untuk berlibur.

6. Bhutan

Bhutan merupakan negara yang menganut sistem kerajaan. Negara dengan luas mencapai 47.000 km² dan penduduk sebanyak 2 juta jiwa ini dipimpin oleh seorang perdana menteri.

Wilayah ini memiliki berbagai lokasi yang sangat indah, salah satunya Benteng Punakha Dzhong. Benteng ini diketahui dibangun pada tahun 1637 hingga 1638 dan menjadi tempat hidup para biksu.

7. Nepal

Nepal terkenal akan keindahan alamnya, terlebih ada gunung Everest di wilayahnya yang termasuk sebagai tertinggi di dunia. Negara ini memiliki luas wilayah mencapai 140.800 km².

Selain gunung Everest, tempat wisata yang wajib dikunjungi di Nepal adalah Janakpur. Kota ini memiliki kuil agama Hindu bernama Janakpur Mandir yan dipercaya sebagai tempat menikahnya Rama dan Shinta

Selamat belajar negara yang terletak di Asia Selatan ya!



Simak Video "Sarang Pertama Tawon Raksasa Asia Ditemukan di AS, Ilmuwan Bergerak!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA