Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Sep 2020 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Semeru Dibuka Lagi 1 Oktober 2020

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Desa Ranupani
Gerbang pendakian Gunung Semeru (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Jalur pendakian Gunung Semeru dibuka kembali. Setelah sekian lama, pendaki bisa bertualang lagi mulai 1 Oktober 2020.

Jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa itu telah ditutup selama satu tahun. Begitu banyak pendaki yang kangen ke sana.

"Setelah ratusan bahkan ribuan DM yang masuk ke mimin tanya kapan Semeru buka, akhirnya sabar sahabat terjawab juga. Mulai 1 Oktober 2020, kalian udah bisa mengunjungi Semeru kembali," kata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dalam sebuah unggahan di Instagram, Senin (21/9/2020).

Pendaki yang ingin menjelajah Gunung Semeru diharap mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh pengelola. Selain itu, tiap pendakian kali ini hanya berdurasi 2 hari satu malam saja.

Jadi, traveler tak bisa berlama di Ranu Kumbolo. Atau, traveler harus memilih mendirikan tenda di Kalimati atau danau tadi.

"Tapi.. ada tapinya ya ini. Untuk tahap awal ini pendakian hanya diperkenankan untuk 2 days trip (2 hari 1 malam)," ujar TNBTS.

[Gambas:Instagram]

Tak hanya itu, pengelola Gunung Semeru juga membatasi kuota pendaki yang masuk kawasannya. Ada sisi baik terkait aturan ini yakni keadaan di jalur pendakian akan lebih tenang.

"Jumlah kuota juga masih terbatas, yaitu 120 orang/hari. Positifnya, dengan jumlah segitu sahabat jadi lebih bisa menikmati suasana pendakian yang lebih tenang kan," TNBTS mengungkapkan dalam unggahan itu.

"Tetap menerapkan protokol kesehatan ya saat pendakian dibuka nanti."

"Oh.. iyaa. 1 info lagi, kuota masih kami tutup sampai batas H-3 pendakian dulu yaa.. Jadi siapkan diri kalian terlebih dahulu, karena mimin juga mau ngajak kalian ke salah satu acara virtual tentang pendakian 4 gunung tertinggi di Indonesia yang so pasti seru, sembari menunggu kuota dibuka. Catat dulu aja tanggalnya, 28 September 2020," pengelola Gunung Semeru menjelaskan sekaligus mengakhiri keterangannya.



Simak Video "Dibuka Kembali, Berikut Peraturan Wisata Gunung Bromo"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA