Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Sep 2020 19:08 WIB

TRAVEL NEWS

Nama Gurun yang Terdapat di Benua Afrika Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
gurun
Foto: (iStock)/Nama Gurun yang Terdapat di Benua Afrika Lengkap
Jakarta -

Secara astronomis, benua Afrika terletak di 40°LU-38°LS dan antara 17°BB-52°BB. Luas benuanya bahkan mencapai lebih dari 30 juta km² sehingga membuat karakteristik iklim di wilayah tersebut beragam.

Salah satu iklim yang dipengaruhi lokasi dan luas wilayah tersebut adalah iklim gurun. Wilayah beriklim gurun pun itu mayoritas berada di bagian Utara, Selatan, dan Barat Benua Afrika.

Apa saja nama gurun yang terdapat di benua Afrika?

1. Gurun Sahara

Gurun Sahara terletak di Afrika bagian Utara yang membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di bagian Timur. Karena itu pula, gurun Sahara memiliki luas mencapai 1,9 juta km². Tak semua wilayah gurun Sahara adalah pasir. Sebab, hanya seperlima gurun Sahara dipenuhi pasir dan sisanya adalah pegunungan, dataran tinggi berbatu, dan lembah berdebu.

Uniknya, terluas di dunia ini dulunya tak begitu tandus seperti saat ini dan ada kehidupan hewan-hewan di gurun tersebut. Sebab, 5.000 tahun lalu iklim di Afrika Utara diketahui lebih lembab dibanding sekarang.

2. Gurun Kalahari

Bila Sahara berada di Afrika bagian Utara, maka gurun Kalahari berada di bagian Selatan. Gurun ini memiliki luas mencapai 570.000 km² yang meliputi sebagian wilayah Botswana dan beberapa bagian Namibia serta Afrika Selatan.

Walaupun lebih dikenal sebagai padang pasir, gurun Kalahari memiliki bagian yang dipenuhi dengan rerumputan di kala musim hujan tiba. Maka dari itu, wilayah ini juga dikenal dengan nama semi gurun.

3. Gurun Libya

Gurun Libya juga dikenal dengan nama gurun Barat. Gurun ini terletak di bagian Timur negara Libya dengan luas mencapai 674.000 km² atau setara dengan 3/4 luas negara mesir.

Walaupun gurun pasir, terdapat daerah depresi Qattara atau daerah terendah. Pada daerah tersebut ada banyak oase atau sumber mata air, seperti Oase Faranfra, Dakhla, dan Kharijah.

4. Gurun Namib

Gurun ini disebut-sebut sebagai gurun tertua di dunia. Diperkirakan usianya telah mencapai 80 juta tahun karena curah hujannya yang kurang dari 10 mm per tahun.

Gurun Namib membentang sekitar 1.600 km di pesisir Samudra Atlantik di Namibia.

5. Gurun Karoo

Gurun ini juga dikenal dengan nama dataran rendah Karoo. Lokasinya dikelilingi oleh gunung dan luasnya mencapai dua pertiga dari Afrika Selatan.

Pada zaman dahulu, dinosaurus tinggal di Gurun Karoo dan mampu bertahan hidup dalam kondisi panas dan kering. Nah, jangan lupa mengingat nama gurun yang terdapat di Benua Afrika ya!

(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA