Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Sep 2020 16:24 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat American Airlines Mendarat Darurat, Kacanya Retak

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Aircraft, Aircrafts, American Airlines, plane, planes, Livery, Exterior
Foto: Ilustrasi American Airlines (dok. American Airlines)
Burlington -

Pesawat American Airlines terpaksa harus mendarat darurat. Penyebabnya, kaca kokpitnya mengalami keretakan. Padahal pesawat itu sudah dekat bandara tujuan.

Pesawat milik maskapai American Airlines mendarat darurat dengan selamat di kota Vermont setelah kaca depannya retak. Kejadian tersebut berlangsung pada Rabu (23/9) kemarin.

Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (25/9/2020), petugas Bandara Internasional Burlington (BTV) menerima panggilan darurat dari pilot American Airlines yang bermasalah tersebut. Sang pilot memberi tahu bahwa kaca depan bagian kokpit mereka mengalami keretakan.

Insiden tersebut terjadi saat pesawat hanya tinggal berjarak 60 mil saja dari bandara tujuan. Meski tinggal 10 menit lagi sampai, tapi pilot pesawat tersebut tak mau ambil resiko. Pesawat tetap melakukan prosedur pendaratan darurat.

Pesawat yang terbang dari kota Charlotte itu pun sukses mendarat dengan selamat. Tidak ada cedera apapun yang menimpa 45 orang penumpang di penerbangan American Airlines tersebut.


Manajer Operasional Bandara Burlington (BTV), Gene Richards mendeskripsikan peristiwa tersebut sebagai 'situasi yang bisa teratasi dengan baik'.

"Semua merespons keadaan darurat dengan sangat baik. Semua departemen datang dan bersiap, sesuai dengan rencana. Beruntung tidak ada insiden apapun," ungkap Gene.


Menurut Gene, para penumpang di penerbangan tersebut bahkan tidak menyadari adanya masalah di dalam pesawat yang mereka naiki. Mereka tidak merasakan adanya masalah apapun dari sejak awal penerbangan dimulai. Penerbangan berlangsung lancar, sampai insiden tersebut terjadi.

Sementara itu, penyebab retaknya kaca kokpit pesawat saat ini tengah diinvestigasi. Pihak American Airlines masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden tersebut.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA