Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Sep 2020 09:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pariwisata Bintan Tengah Dipersiapkan Kembali

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (dok Kemenko Perekonomian)
Bintan -

Saat ini Pemerintah tengah membangun kembali pariwisata domestik. Setelah Bali, pariwisata Bintan juga kembali dipersiapkan dengan protokol kesehatan.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (RAKORPIM) Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di Bintan, Jumat (25/9/2020).

"Kepri (Kepulauan Riau) ini termasuk wilayah hijau, jadi di sini dibuat kegiatan yang terkait kepariwistaan. Dan ini menunjukkan bahwa sektor pariwisata terpukul paling besar dan kita perlu mendorong program sektor pariwisata di mana Bintan biasanya mendapat turis 3 juta, hari ini hampir turisnya 0. Sektor pariwisata yang biasanya 15 Milyar dollar setahun menghemat devisa, dan kali ini baik Bali maupun Bintan turun hingga pendapatannya turun 90%. Oleh karena itu sektor ini perlu terus didorong, sehingga pemerintah berkomitmen untuk mendorong sektor yang terkontraksi," ujar Airlangga.

Airlangga menuturkan jika dilihat secara sektoral, sektor transportasi dan akomodasi, makanan, minuman di Indonesia mengalami kontraksi yang paling dalam, masing-masing sebesar -30,84% dan -22,02%. Keduanya mewakili sektor kepariwisataan yang paling terpukul karena adanya pembatasan perjalanan dan menurunnya permintaan akibat penyebaran virus COVID-19 di seluruh dunia.

"Untuk mendorong pemulihan pariwisata ini, pemerintah tengah mendorong beberapa strategi dan sejumlah program. Salah satunya, optimalisasi belanja pemerintah di sektor pariwisata dengan membuat event seperti pada Rakorpim hari ini, yang kita lakukan untuk mendorong mulainya kegiatan wisata dan MICE di lokasi atau destinasi wisata seperti di Bintan ini," imbuhnya.

Lebih lanjut, Airlangga juga meminta Menparekraf Wishnutama yang juga ada di lokasi untuk melakukan kesiapan terkait protokol wisata di Bintan. Di mana hal itu juga telah masuk dalam agenda kegiatan kunjungan di RAKORPIM tersebut.

"Ke depan tentu kita berharap nanti pak Menparekraf besok akan melaunch protokol untuk pariwisata. Jadi hotel-hotel yang bisa beroperasi dengan standar COVID dan ada semacam sertifikasinya," tutup Airlangga.



Simak Video "Menjelajahi Wihara 1000 Patung di Bintan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA