Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Sep 2020 14:10 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Sentani Ganti Nama Menjadi Theis Eluay

Putu Intan
detikTravel
Bandara Sentani
Bandara Sentani Papua. (Foto: Dok. Angkasa Pura I)
Jayapura -

Bandara Sentani di Jayapura, Papua akan diubah namanya menjadi Bandara Theis Eluay yang merupakan tokoh masyarakat Sentani.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyebut penggantian nama itu dilakukan sebagai langkah mengabadikan salah satu tokoh kharismatik Papua. Theis Eluay sendiri merupakah tokoh masyarakat adat Sentani yang memiliki hak ulayat tanah yang sekarang digunakan sebagai bandara tersebut.

Theis Eluay juga diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Presidium Dewan Papua, organisasi yang didirikan pada masa pemerintahan Presiden Aburrahman Wahid. Organisasi itu dibentuk untuk mewujudkan status otonomi istimewa Papua.

"Kita akan meresmikan Bandara Sentani Jayapura, diubah menjadi Theis Eluay. Peresmiannya nanti pada 20 Oktober 2020 bersamaan dengan peresmian seluruh venue PON XX 2021," kata Lukas dikutip dari laman Pemerintah Provinsi Papua.

Bandara Sentani merupakan bandara internasional yang menjadi salah satu gerbang bagi wisatawan domestik dan mancanegara memasuki bumi cendrawasih. Bandara ini terletak di Kota Sentani yang berjarak kurang lebih 40 kilometer dari ibu kota Papua, Jayapura.

Saat ini Bandara Sentani dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero). Bandara tersebut melayani perjalanan ke 20 destinasi, termasuk Jakarta, Makassar, dan kota lain di Papua. Beberapa maskapai yang melayani penerbangan itu adalah Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Trigana, NAM Air, Susi Air, Cardig Air, dan Dimonim Air. Jam operasionalnya dimulai pada 05.00 sampai dengan 20.00 WIT.

Pada tahun 2018, tercatat terjadi 62 ribu pergerakan pesawat. Bandara ini juga melayani penerbangan 2,1 juta penumpang.

Sebagai bandara internasional, Bandara Sentani dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Gedungnya terdiri atas 2 lantai yang total luasnya mencapai 14.300 meter persegi. Gedung itu mampu menampung 2.045 orang.

Bandara Sentani memiliki dua terminal yakni domestik dan internasional. Di sana juga terdapat beberapa toko yang menjual oleh-oleh dan restoran.

Kemudian untuk landasan pacu, ukurannya adalah 3.000 meter x 45 meter. Bandara Sentani juga memiliki kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat kecil, 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA