Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2020 17:17 WIB

TRAVEL NEWS

Kabar Gembira, Wisatawan Indonesia Bebas Visa ke Suriname

pasar di suriname
Foto: Ilustrasi pasar di Suriname (youtube)
Paramaribo -

Kabar gembira buat traveler. Kalian bisa liburan ke Suriname tanpa perlu repot mengurus visa, karena Suriname memberlakukan bebas visa buat turis Indonesia.

Pemerintah Suriname resmi memberlakukan kebijakan bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak berkunjung ke sana. Mulai tanggal 1 September 2020, kebijakan bebas visa ke Suriname ini sudah berlaku dan bisa dimanfaatkan WNI pemegang paspor biasa, paspor dinas, hingga paspor diplomatik.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Rabu (30/9/2020), WNI dengan masa berlaku paspor minimal 6 bulan, bisa masuk, keluar, transit atau bahkan tinggal tanpa visa di Suriname selama tidak lebih dari 30 hari.

Hal yang sama berlaku pula untuk warga negara Suriname yang hendak berkunjung ke Indonesia, karena kebijakan tersebut berlaku secara resiprokal.


Persetujuan bebas visa antar kedua negara, yang telah ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi pada Mei 2019 silam, akhirnya sudah dapat berlaku setelah kedua belah pihak menyelesaikan prosedur internalnya.

Persetujuan bebas visa Indonesia-Suriname itu merupakan sebuah persetujuan yang memberikan fasilitas bebas visa bagi warga kedua negara pemegang paspor diplomatik, paspor dinas, dan paspor biasa dalam satu persetujuan.


Kebijakan bebas visa itu memberikan kesempatan bagi warga negara kedua pihak untuk meningkatkan people-to-people contact, serta meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

Suriname, seperti kita tahu memiliki masyarakat dengan keturunan Jawa sebagai etnis ketiga terbesar, merupakan potensi yang besar bagi masuknya arus wisatawan dari Suriname ke Indonesia.

Meskipun ada juga tantangan seperti masalah jarak dan konektivitas, tapi diharapkan dengan adanya kebijakan bebas visa antara Indonesia-Suriname ini, dapat menjadi momentum untuk kedua negara dalam meningkatkan hubungan bilateral di bidang ekonomi, budaya dan kerja sama lain di berbagai bidang, dengan strategi yang kreatif dan inovatif.



Simak Video "Menikmati Pesona Keindahan Pantai Pasir Putih Situbondo"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA