Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2020 23:05 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Glass Fire, Setengah Hektar Hutan Terbakar Tiap Lima Detik

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kebakaran di California AS
Kebakaran hutan dan lahan di California AS (Foto: CNN)
Sacramento -

Kebakaran hutan dan lahan di California, Amerika Serikat begitu mengkhawatirkan. Tiap lima detik, ada hampir setengah hektar lahan terbakar.

Diberitakan CNN, Rabu (30/9/2020) kecepatan rembet api itu dikarenakan ukuran yang tumbuh berlipat ganda. Ribuan penduduk telah terpaksa meninggalkan rumah mereka di California Utara dalam beberapa hari terakhir karena Glass Fire.

Api telah menjadi tiga kali lipat ukurannya sejak mulai terdeteksi pada Minggu, membakar 36.236 hektar dan tiada penahan. Glass Fire yang terjadi di Lembah Napa pada Minggu pagi.

Lebih dari 70.000 orang telah diperintahkan untuk dievakuasi di Sonoma dan Napa. Setidaknya 21 orang telah dirawat di rumah sakit karena luka bakar, menurut rumah sakit setempat.

Api melahap kebun anggur dan bangunan di dekat St. Helena juga merembet ke atas perbukitan dan melompati Jalur Silverado dan Sungai Lodi. Belum ada jumlah pasti bangunan rusak dan hancur akibat Glass Fire.

Lebih dari 8.500 bangunan terancam terbakar di seluruh Kabupaten Sonoma, Lake, dan Napa, menurut siaran pers dari Cal Fire.

Glass Fire dipicu oleh kondisi kering dan angin kencang. Dua kebakaran hutan lainnya juga terjadi di daerah itu pada Minggu malam. Tiga orang telah tewas akibat Zogg Fire yang bergerak cepat di Shasta dengan telah melahap 15.000 hektar.

Kebakaran di California ASKebakaran hutan dan lahan di California AS (Foto: CNN)

Ada lebih dari 8.100 kasus kebakaran hutan di negara bagian California pada tahun ini. Petugas pemadam kebakaran terus memadamkannya, setidaknya sudah sejumlah 25 kebakaran besar.

Rumah Sakit St. Helena, yang terletak di kaki bukit, juga harus mengungsi untuk kedua kalinya pada musim panas ini karena risiko kebakaran. Sekitar 466 rumah telah dievakuasi di Shasta County karena Zogg Fire.

Petugas pemadam kebakaran telah memerangi kebakaran yang kompleks di bulan Agustus di beberapa kabupaten tetangga selama lebih dari sebulan. Api itu telah membakar lebih dari 870.000 hektar lahan karena sambaran petir.

Beberapa jalan telah ditutup karena operasi kebakaran terus berlanjut di seluruh wilayah.

Ada lebih dari 3 juta hektar lahan yang terbakar dalam kebakaran hutan tahun ini di California. Jumlah itu 26 kali lebih tinggi dari kebakaran pada 2019 untuk periode waktu yang sama.

Kekhawatiran tentang angin kencang dan kondisi kering yang terus berlanjut telah menyebabkan PG&E mematikan listrik di beberapa area sebagai upaya untuk mencegah lebih banyak kebakaran hutan, yang dapat dipicu oleh peralatan listrik.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA