Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Okt 2020 16:01 WIB

TRAVEL NEWS

Gara-gara Corona, Bos Travel di Bandung Alih Profesi Jadi Tukang Jus

5 Jus Buah yang Bisa Bikin Langsing
Foto: Ilustrasi jus (iStock)
Bandung -

Pandemi virus Corona membuat banyak orang banting setir dan alih profesi. Salah satunya bos travel di Bandung yang kini jadi tukang jus.

Salah satu pengusaha yang merasakan dampak pandemi corona adalah Joseph Sugeng Irianto (52). Joseph yang usahanya bergerak di bidang jasa pariwisata harus merasakan pendapatannya anjlok hingga 90% terhitung bulan Maret 2020.

Joseph pun terpaksa memberhentikan sejumlah karyawan karena tak kuat lagi menggaji mereka. Apalagi bisnisnya yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat terkena imbas kebijakan PSBB dan jaga jarak.

"Saya yang usahanya bergerak di bidang jasa pariwisata, sejak Februari ini mengalami drop. Bahkan, saya terpaksa harus merumahkan 13 orang karyawan," ungkap Joseph seperti dikutip dari CNN Indonesia, Senin (5/10/2020).

Joseph pun memutar otak agar tetap memperoleh penghasilan. Bersama sang putra, Theodorus Primaxylxla Jodimarlo (24) atau akrab disapa Jodi, mereka berdua banting setir untuk berjualan jus pakcoy.


Awalnya, Joseph dan Jodi bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Halaman kantor mereka di Arcamanik, Bandung pun kini jadi lahan pertanian hidroponik.

Lahan yang semula menjadi tempat parkir, ditanami kangkung kemudian berhasil. Hasilnya dibagi-bagi ke tetangga. Lalu merambah ke Pakcoy, berhasil juga. Akhirnya, muncul inisiatif bikin jus pakcoy yang sehat dari hasil panen itu.

"Jadi, Jodi inisiatif bikin jus pakcoy. Sebelumnya dia mau kolaborasi dengan temannya bikin usaha jus sehat, cuma harganya waktu itu enggak masuk. Pada akhirnya dia berinisiatif bikin jus sendiri, meraciknya sendiri," ucap Joseph.

Jus pakcoy sehat itu pun dijual Rp 15.000 per botol dengan ukuran 350 ml. Jus yang mengandung vitamin C itu laku dibeli 100 hingga 200 botol per bulan.


Dalam sehari, Joseph dan Jodi menanam sekitar 20-30 bibit pakcoy. Masa tanam pakcoy ini terbilang singkat hanya 23 hari. Setelah panen, pakcoy bisa langsung dibuat jus.

"Biasanya produksi satu botol membutuhkan 2-3 batang pakcoy. Untuk produksi jusnya saat ini seminggu bisa 30-50 botol," ucap Joseph.

Baik Joseph maupun Jodi, berjualan jus pakcoy tak semata mengejar rupiah. Mereka menyisipkan kepedulian kepada warga sekitar.

"Sebenarnya lebih ke kepedulian saja karena saya punya usaha lagi terpukul karena pandemi. Kebetulan jus saya lebih banyak mengandung vitamin c dan ini secara kesehatan bisa meningkatkan imun tubuh. Makanya kami sebut jus pakcoy sehat," pungkas Joseph.



Simak Video "Muncul Penyakit Menular, Ahli Nilai Aspek Kesehatan Belum Ditingkatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA