Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Okt 2020 13:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Tempat Ngopi Asyik dengan Pemandangan City Light Bandung

Siti Fatimah
detikTravel
Kedai Kopi Kiwari di Bandung
Foto: Kedai kopi Kiwari di Bandung (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Kedai kopi di Kota Bandung makin banyak yang menawarkan pemandangan dan suasana alam yang asri. Salah satunya Kopi Kiwari dengan pemandangan City Light Bandung.

Saat pandemi, tempat yang sepi dan jauh dari pusat keramaian kota menjadi salah satu tempat tujuan untuk melepaskan penat dan kebutuhan akan hiburan.

Salah satu coffee shop bernama Kopi Kiwari yang menyuguhkan pemandangan city light Kota Bandung dari ketinggian. Taburan lampu-lampu kota menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Bandung dan ditempuh dengan jarak sekitar 7,7 kilometer tepatnya beralamatkan di Jalan Terusan Padasuka-Jalan Palapa No. 300, Cimenyan, Kota Bandung.

Meskipun jauh, tapi akses jalannya sangat mudah. Pengunjung cukup mengikuti jalan PHH Mustofa kemudian masuk ke Jalan Terusan Padasuka dengan kontur jalan menanjak. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena semakin ke dalam, ukuran jalan semakin kecil.

Kedai Kopi Kiwari di BandungKedai Kopi Kiwari di Bandung Foto: (Instagram)

Sesaat sebelum sampai di lokasi, pengunjung akan disambut dengan lampu hias yang menggantung memberikan kesan romantis dan udara sejuk khas pegunungan.

Menu signature di Kopi Kiwari ini ada sajian khas yaitu Kopi Mangkara dan Kopi Kaswara. Kopi Mangkara memiliki rasa asam manis campuran dari biji kopi dengan biji ceri, sedangkan Kopi Kaswara yaitu kopi susu sama seperti pada umumnya.


Kopi Kiwari jadi salah satu cafe yang menawarkan minuman kopi hasil dari menanam di kebun sendiri di wilayah Cikawari, Gunung Manglayang. Hasil produksi biji kopinya diberi nama Manglayang Karlina, yang kemudian diolah hingga menjadi secangkir kopi single origin yang nikmat.

Marketing Kopi Kiwari Andry Yanuar mengatakan, penamaan Kiwari berasal dari bahasa Sunda yang berarti 'jaman sekarang' atau juga 'kekinian'.

"Awalnya sejak Maret 2016, menu favorit kami kopi Manglayang Karlina yang kami tanam dengan cinta dirawat dengan hati," kata Irfan kepada detikcom beberapa saat lalu.

Kedai Kopi Kiwari di BandungKopi Kiwari di Bandung Foto: (Instagram)


Selain menyajikan makanan, para barista pun tidak sungkan untuk bincang santai ngalor-ngidul bahas perkopian, terutama jika memiliki ketertarikan yang sama pada produksi kopi.

Bahkan mereka memiliki kalimat unik untuk mengajak pengunjung bersosialisasi dengan barista, misalnya seperti 'Kalau masih bingung mau ngopi apa, tanya aja dulu aja jangan kaku kaya kanebo kering'.


Di sana juga menyediakan aneka camilan khas Bandung seperti cireng rujak, cireng kuah, tahu lada hitam, pisang goreng dan lain-lain dengan kisaran harga dari Rp 18 ribu - Rp 20 ribu.

Untuk menikmati pemandangan Kota Bandung, lebih baik datang saat golden hour sekitar 17.00 WIB hingga menjelang malam. Kopi Kiwari memiliki jam operasional dari pukul 14.00 - 22.00 WIB.



Simak Video "Mampir ke Kedai Kopi 'dibawahtangga', Milik Nino Fernandez"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA