Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Okt 2020 19:09 WIB

TRAVEL NEWS

Mulai Besok, Warga Selandia Baru Tidak Diwajibkan Pakai Masker

New Zealands Prime Minister Jacinda Ardern (R) speaks during a joint press conference with the leader of the Neterlands at Government House in Auckland on October 8, 2019. (Photo by DAVID ROWLAND / AFP)
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern (DAVID ROWLAND/AFP)
Auckland -

Kabar baik datang dari Selandia Baru. Resmi mencatat tiada kasus baru COVID-19, Negara Kiwi itu akan mencabut semua batasan pada Rabu malam besok.

Berita bahagia itu diungkapkan langsung oleh sang Perdana Menteri Jacinda Ardern seperti dilansir detikTravel dari NZ Herald, Selasa (6/10/2020).

"Tingkat kewaspadaan Auckland berubah per 11.59 malam waktu setempat, Rabu, 7 Oktober. Auckland akan bergabung dengan daerah lainnya di Selandia Baru ke level 1," bunyi pernyataannya.

Dari seluruh kota di Selandia Baru, Auckland disebut sebagai cluster COVID-19 terakhir di Negeri Kiwi. Dengan tidak ditemukannya kasus baru selama beberapa hari terakhir, Auckland resmi bergabung dengan kota lain di Selandia Baru menjadi zona hijau atau di level teraman.

Secara teknis, perubahan status Auckland ke level 1 berarti dihilangkannya pembatasan social distancing di restoran dan bar serta tiadanya larangan berkumpul di ruang publik.

Karena sudah masuk kondisi level 1, dalam kegiatan sehari-hari, masyarakat juga sudah tak diwajibkan memakai masker di transportasi umum. Namun, Jacinda tetap meminta masyarakat waspada dan rutin mencuci tangan, tinggal di rumah kalau sakit hingga melakukan pengecekan berkala.

"Saya tak mau orang berpikir karena kita di level 1, maka COVID-19 berarti telah hilang dari Selandia Baru," ujarnya tegas.

Lebih lanjut, Jacinda bersama jajaran kabinet akan kembali membicarakan kebijakan terkait hari ini via Zoom untuk meninjau kondisi Auckland terkini.

Jacinda juga cukup percaya diri dan menyebut kalau Auckland telah berhasil mengontrol COVID-19. Terlebih, tidak ditemukan satu kasus baru sejak 10 hari terakhir. Sedangkan dua kasus terakhir hanya ditemukan dua minggu terakhir dan menyisakan 5 penderita positif COVID-19 di seluruh Selandia Baru.

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA