Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Okt 2020 10:03 WIB

TRAVEL NEWS

Tingkatkan Industri Perhotelan, Indonesia Bisa Belajar dari China

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Hotel regantris
Foto: Ilustrasi hotel (Istimewa)
Jakarta -

Untuk membangkitkan kembali pariwisata di Indonesia, para pelaku industri bisa mencontoh negara-negara yang telah pulih dari corona, termasuk China.

Menurut Co-Founder Topotels Hotel & Resort Confirm Ojahan Oppusunggu, sebagai negara yang terdampak Corona terlebih dahulu, China bisa menjadi referensi bagi Indonesia untuk kembali bangkit. Berdasarkan data yang dilakukan oleh salah satu institusi Singapura, STR, industri perhotelan China sudah semakin bangkit pada bulan September.

"Kalau melihat data yang ada per September sampai akhir September bisa terlihat ternyata di performance di industri perhotelan secara umum di China itu recoverynya sudah terjadi secara signifikan jadi per akhir September kalau bisa dilihat kalau di grafik yang berwarna merah sudah terlihat bahwa recoverynya di atas 50% sekitar 60%. itu yang terjadi," kata Ojahan, Kamis (15/10/2020) dalam Webinar MICE dan Tourism Indonesia Pasca Pandemi.

Jika membandingkan dengan Indonesia dalam aspek demografi ada kemiripan China dengan Indonesia. Dari segi populasi, Indonesia menduduki posisi nomor 4 di dunia. Sehingga bisa dikatakan Indonesia memiliki domestik market yang potensial.

"Ini ada kemiripannya dengan kondisi China, sehingga kita bisa mencoba untuk mengambil apa yg terjadi di china sebagai referensi," kata Ojahan.

Ojahan menilai, proses recovery di Indonesia sudah mulai terjadi. Seiring dengan hal itu, maka demand yang ada semakin perlu diakomodir, sehingga bisa menyebabkan industri perhotelan dan MICE semakin bergairah ke depan.

"Kita bisa memprediksi bahwa Indonesia bisa dibilang proses recovery sudah mulai terjadi dan saya memprediksi menjelang akhir tahun atau awal tahun kita akan melihat recovery sudah semakin signifikan," ungkap Ojahan.

"Apalagi kemudian jika kita mendengar info dari pemerintah bahwa program vaksinasi akan segera dimulai apakah akhir tahun atau awal tahun, sehingga bisa dikatakan bahwa pandemi ini semakin terkontrol," tambahnya.



Simak Video "Pemerintah Siapkan Dana Rp 3,3 Triliun untuk Sektor Pariwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA