Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Okt 2020 23:32 WIB

TRAVEL NEWS

Goa Kebanyakan Turis, Pantainya Erosi

Bonauli
detikTravel
Pantai Palolen di Goa, India
Foto: (Getty Images/iStockphoto/mnf74) Pantai Palolen di Goa, India
Panaji, Goa, India -

Negara bagian India ini disebut-sebut sebagai surganya turis. Karena banyaknya turis, pantai-pantai cantik di Goa, India malah mengalami erosi.

Goa memutuskan untuk memperbaiki sistem pariwisatanya ke arah pembangunan yang berkelanjutan. Diintip detikcom dari media internasional, The Times of India, sudah sejak 2 dekade pantai-pantai Goa menjadi tempat komersial.

Ribuan jejak kaki yang datang ke sana menjadi salah satu faktor penurunan bibir pantai. Wajar saja, pantai-pantai Goa memang sangat indah.

Badan Pariwisata Goa kini akan meregenerasi pantai-pantai yang dirasa sudah mulai berkurang kecantikannya. Regenerasi pantai ini termasuk pembangunan infrastruktur berupa akses, tempat parkir, pedestrian, dan amenitas publik lainnya.

Kebersihan dan keamanan pun akan ditambahkan, mengingat India baru saja memenangkan penghargaan Blue Flag. Blue Flag adalah penghargaan yang diberikan oleh United Nations Environment Programme (UNEP), World Tourism Organization (UNWTO), FEE dan IUCN. Blue Flag akan diberikan kepada negara yang memiliki pantai-pantai terbersih, teraman dan ramah lingkungan di dunia.

Langkah konservatif ini dinilai bagus untuk melindungi pasir, gumuk pasir dan kualitas air pantai. Sementara itu, area bibir pantai sendiri masih dipenuhi dengan hotel-hotel private, tempat pembuangan kotoran dan lainnya. Namun Pemerintah Goa masih tutup mata soal ini.

Pantai-pantai di Goa juga akan memisahkan area khusus berenang dan aktivitas olahraga air sesuai standar Blue Flag. Saat ini area khusus berenang tak punya tanda jelas, hanya berupa pengawasan penjaga pantai saja.

Area kuliner di pinggir pantai pun nantinya akan diberi label dan akreditasi. Karena kebanyakan jajanan pinggir pantai bukanlah kuliner khas lokal.

Hal ini memang jadi mandat dari Pemerintah pusat yang berencana untuk melanjutkan program Blue Flag di 100 pantai serupa dalam 5 tahun ke depan. Obsesi ini dinyatakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Hutan dan Perubahan Iklim India.



Simak Video "Jeram Goa Kalisuci, Wisata Eksotis ke Dalam Perut Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA