Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Okt 2020 14:43 WIB

TRAVEL NEWS

Waduk Darma, Cikal Bakal Wisata Air Internasional di Jawa Barat

Siti Fatimah
detikTravel
Waduk Darma
Foto: Waduk Darma (Istimewa)
Kuningan -

Objek wisata Waduk Darma jadi salah satu tempat wisata yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebagai wisata air internasional.

Tempat wisata atau danau dengan luas kurang lebih 432 hektar di di desa Jagara, kecamatan Darma, kabupaten Kuningan ini menyajikan pemandangan alam, wisatawan juga bisa bersantai di Gazebo yang telah disediakan. Ada juga penyewaan perahu untuk berkeliling waduk serta taman rekreasi untuk anak-anak.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sebagai tempat wisata yang dicanangkan untuk wisata air internasional syarat mutlak yang harus dipenuhi yaitu bersih dan memiliki fasilitas lengkap. Menurutnya, sampah yang masih bertebaran ditambah fasilitas pendukung yang buruk menjadi kartu mati yang membuat wisatawan tidak betah dan dijamin tidak akan kembali lagi.

Lebih lanjut, sebagai salah satu upaya dorongan jadi wisata internasional, pihaknya meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kuningan konsisten menggelar festival wisata olahraga air berskala internasional.

Waduk DarmaWaduk Darma Foto: (Istimewa)

Salah satu yang diusulkan adalah festival balap perahu. Event pariwisata ini penting untuk promosi Waduk Darma secara global.

"Saya titip ke Pak Bupati agar kegiatan seperti festival balap perahu serta penataan jaring apung yang inklusif terhadap badan air diterapkan di Waduk Darma," ujar Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil di Waduk Darma, Kuningan, Sabtu kemarin (17/10/2020).

Dia optimistis, meski pandemi COVID-19 belum berakhir, jalan menuju Waduk Darma sebagai destinasi wisata air internasional masih terbuka lebar. "Sekilas pas saya datang, ke depannya Waduk Darma ini akan menjadi pariwisata yang luar biasa dan naik kelas," katanya.

Waduk DarmaWaduk Darma Foto: (Istimewa)

Kemudian, hal tersebut juga didasarkan pada fakta Kuningan yang memiliki ikon wisata Gunung Ciremai dengan alam, budaya, dan wisata yang berkarakter. "Pariwisata Jabar yang unik ada di Kabupaten Kuningan," ujarnya.

Sekedar diketahui, Gubernur Ridwan Kamil mencanangkan Waduk Darma sebagai destinasi wisata air internasional pada 29 Maret 2019 bertepatan dengan Hari Air Sedunia. Titik beratnya berasal pada wisata, budaya, dan olahraga berbasis air.

Proyek pembangunan sudah dimulai sejak Juni 2019 dengan anggaran Rp 60 miliar dimulai dari penataan darat. Sebelum itu, Pemda Provinsi Jabar telah mememfasilitasi event internasional seperti Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata Waduk Darma kerja sama Pemkab Kuningan dan Kementerian Pariwisata



Simak Video "38 Orang Positif Corona, Gedung DPRD Jabar Ditutup 14 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA