Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Okt 2020 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Kota Hantu di Siprus Utara Dibuka, Langsung Diserbu Wisatawan

Putu Intan
detikTravel
Kota Varosha di Siprus
Kota Maras atau Varosha di Siprus Utara. Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Setelah 46 tahun menjadi kota hantu, bagian kota Maras di Siprus Utara kembali dijamah manusia. Kota ini menjadi tujuan wisata.

Dilansir dari Anadolu Agency, Sabtu (17/10/2020) kota yang disebut juga sebagai Varosha itu telah dibuka kembali pada 8 Oktober 2020. Kota kosong tersebut sekarang ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati wisata horor.

Tercatat sebanyak 18.697 orang telah mengunjungi tempat tersebut. Mereka yang datang kebanyakan adalah masyarakat lokal namun ada pula orang asing yang penasaran.

Kota ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Namun destinasi kota hantu ini lebih banyak menyedot perhatian pada akhir pekan ketimbang hari kerja.

Kota Varosha di SiprusKota Varosha di Siprus. Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Perdana Menteri Republik Turki Siprus Utara (TRNC) Ersin Tatar, dalam kunjungannya ke Ankara pada 6 Oktober 2020, mengatakan mereka mengambil langkah konkret pertama menuju roadmap yang telah mereka siapkan untuk pembukaan kembali Kota Maras.

"Kami sebenarnya telah memulai upaya untuk menghadirkan pesisir dan jalan demokrasi untuk kepentingan rakyat kami," kata Tatar.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengemukakan fakta yang tak terbantahkan bahwa Maras adalah wilayah milik TRNC. Hak disposisi juga menjadi otoritas Siprus Turki.

Kota Maras dulunya populer di tahun 1970-an. Sayangnya pada 1974, meletus konflik antara Turki dengan Yunani.

Pulau Mediterania di Siprus dibagi menjadi dua pada tahun tersebut. Terjadi kudeta yang didukung oleh pemerintah Yunani bertemu dengan invasi militer Turki, yang akhirnya membagi menjadi Turki-Siprus di utara dan Yunani-Siprus di selatan.

Kota ini pun ditutup dan hanya ditinggali tentara Turki yang ditempatkan di Republik Turki Siprus Utara (TRNC).



Simak Video "Tradisi Adat Maras Tahun, Bangka Belitung"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA