Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Okt 2020 15:22 WIB

TRAVEL NEWS

Letak Astronomis Asean dan Iklimnya Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
Peta Langka Asia dan Tasmania Berusia Hampir 400 Tahun Direhabilitasi di Universitas Melbourne
Foto: Australia Plus ABC/Letak Astronomis Asean dan Iklimnya Lengkap
Jakarta -

Kawasan Asia Tenggara atau Asean terdiri dari beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Nah, bagaimana letak astronomis Asean secara pasti?

Secara geografis, Asean terletak di antara dua benua dan juga dua samudera, yakni Benua Asia dan Benua Australia. Kemudian, berada di Samudera Hindia (sebelah Selatan dan Barat) dan Samudera Pasifik (sebelah Timur).

Berikut letak astronomis Asean dan kondisi Iklimnya:

Letak Astronomis Asean

Kawasan Asia Tenggara berdasarkan astronomi berada di 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. Dengan letak tersebut, dipastikan Asean terletak di bumi bagian Timur dengan batas sebelah Utara adalah China.

Kemudian, di sebelah Selatan dan Barat berbatasan langsung dengan Bangladesh dan Samudera Hindia. Sedangkan, di sebelah Timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Kondisi Iklim Asean

Pengaruh letak astronomis Asean menyebabkan Asia Tenggara berada di daerah tropis. Lokasi tersebut diketahui berada di sekitar garis equator atau garis khatulistiwa.

Iklim tropis terjadi karena wilayah Asean mendapat pengaruh dari angin musim yang datang dari gurun di Australia dan daratan Asia. Selain itu, ada juga angin pasat yang bertiup dari daerah subtropis menuju ekuator.

Adapun, angin musim terjadi karena perbedaan tekanan udara antara dua wilayah. Angin ini membuat Asean memiliki dua musim, yakni kemarau dan penghujan.

Selamat belajar letak astronomis Asean dan iklimnya lengkap ya!



Simak Video "Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN Secara Virtual"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA