Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Okt 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Lindungi Rusa Suci, Jepang Bikin Pengganti 'Kantong Plastik' Bisa Dimakan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Rusa di Nara, Jepang
Rusa di Nara, Jepang (Foto: CNN)
Nara -

Sembilan rusa suci di Nara, Jepang tewas karena memakan plastik. Kini, seorang pria berinisiasi membuat kantong plastik pengganti yang bisa dimakan.

Diberitakan CNN, ia seorang pengusaha lokal di destinasi wisata Nara, Hidetoshi Matsukawa namanya. Ia telah mengembangkan tas belanja plastik alternatif untuk melindungi rusa suci.

Hidetoshi bekerja untuk Nara-isme, agen grosir suvenir. Ia sudah mendengar bahwa sembilan rusa yang berkeliaran di kota mati pada tahun lalu setelah menelan kantong plastik.

"Saya ingin melakukan sesuatu untuk melindungi rusa, yang merupakan simbol Nara," kata Hidetoshi.

Kota ini adalah rumah bagi sekitar 1.000 rusa suci. Hewan itu secara resmi ditetapkan sebagai kekayaan alam nasional Jepang dan banyak turis yang memberi mereka camilan.

Namun, pada Juli 2019, sebuah kelompok kesejahteraan setempat mengatakan sembilan rusa telah ditemukan mati. Ada kantong plastik di perutnya dan meminta pengunjung untuk tidak membuang kantong plastik di taman.

Hidetoshi ingin menemukan solusi berbeda untuk masalah ini. Lalu, ia bekerja sama dengan produsen kertas lokal dan perusahaan desain untuk mengerjakan proyek tersebut.

Mereka mengembangkan Shikagami atau kertas rusa. Kantong kertas ini terbuat dari dedak beras dan karton susu.

Rusa di Nara, JepangKantong ramah rusa Nara, Jepang (Foto: CNN)

"Kami mempelajari dedak padi kebanyakan terbuang dalam proses pemolesan beras. Jadi kertas ini membantu mengurangi limbah itu juga," ujar Hidetoshi.

Hidetoshi telah menguji tasnya. Ia mengatakan itu aman untuk dikonsumsi manusia.

"Kami tidak memiliki data untuk mendukung bahwa kantong ini tidak berbahaya bagi rusa, tetapi saya yakin ini aman bagi mereka dan juga manusia," ujarnya sambil tertawa.

Rusa di Nara, JepangRusa di Nara, Jepang tewas karena makan kantong plastik (Foto: CNN)

Tas-tas kertas tersebut telah diuji di toko-toko lokal dan Kuil Todaiji, objek wisata utama Nara. Kuil dan toko membeli 4.000-5.000 tas seharga 100 yen per lembar sebagai bagian dari proyek percontohan.

Harga akan turun jika lebih banyak toko yang mendaftar untuk menggunakan tas tersebut, kata Hidetoshi. Ia bermimpi mengganti kantong plastik di seluruh kota untuk mencegah lebih banyak rusa mati setelah memakannya.

"Kabar kematian rusa akibat kantong plastik menimbulkan citra negatif, seolah-olah taman tersebut adalah kuburan rusa. Kantong kertas bisa melindungi rusa, begitu juga dengan brand image Nara dengan rusa," ujar dia.



Simak Video "Rekor Kasus Harian Corona, Jepang Siaga Maksimum!"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA