Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Okt 2020 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Jerman-Denmark Bikin Terowongan Terendam Terpanjang di Dunia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Terowongan Fehmarnbelt Jerman-Denmark
Terowongan Fehmarnbelt Jerman-Denmark (Foto: CNN)
Jakarta -

Jerman dan Denmark memulai pembangunan terowongan bawah laut terendam terpanjang sedunia. Bangunan ini ada di bawah Laut Baltik.

Diberitakan CNN, Minggu (25/10/2020) namanya Terowongan Fehmarnbelt. Mega proyek terowongan bawah laut ini telah direncanakan selama lebih dari satu dekade

Terowongan Fehmarnbelt ada di kedalaman 40 meter di bawah Laut Baltik. Bila pekerjaannya berjalan lanca, terowongan ini akan jadi destinasi pada pembukaan di tahun 2029.

Memiliki panjang 18 kilometer, Terowongan Fehmarnbelt adalah salah satu proyek infrastruktur terbesar di Eropa. Anggaran konstruksinya lebih dari € 7 miliar.

Sebagai perbandingan, Terowongan Channel sepanjang 50 kilometer yang menghubungkan Inggris dan Prancis, selesai pada tahun 1993. Biaya yang dihabiskan setara dengan £ 12 miliar untuk nilai tukar masa kini.

Lebih panjang dari Terowongan Fehmarnbelt, Terowongan Channel dibuat dengan menggunakan mesin bor. Sedang yang dalam pembangunan akan membenamkan bagian terowongan yang sudah dibuat sebelumnya.

Terowongan Fehmarnbelt akan dibangun di seberang Fehmarn Belt, selat antara Pulau Fehmarn di Jerman dan Pulau Lolland di Denmark. Keberadaan terowongan bawah laut ini dirancang sebagai jalur alternatif layanan feri saat ini dari Rødby dan Puttgarden, yang membawa jutaan penumpang setiap tahun.

Terowongan Fehmarnbelt Jerman-DenmarkLaut Baltik pemisah Jerman-Denmark Foto: CNN

Penyeberangan menggunakan kapal feri saat ini memakan waktu 45 menit. Jika melalui Terowongan Fehmarnbelt hanya butuh tujuh menit dengan kereta api dan 10 menit dengan mobil.

Nama resmi terowongan ini adalah Fehmarnbelt Fixed Link. Bangunan ini akan menjadi gabungan terowongan jalan dan rel terpanjang di dunia.

Terowongan Fehmarnbelt akan memiliki dua jalur jalan raya dan dua jalur rel kereta listrik.

Selain bermanfaat bagi kereta penumpang dan mobil, Terowongan Fehmarnbelt akan berdampak positif bagi truk dan kereta barang. Jalur darat antara Swedia dan Eropa Tengah yang akan lebih pendek 160 kilometer dari sekarang.

Saat ini, lalu lintas antara semenanjung Skandinavia dan Jerman melalui Denmark dapat menggunakan feri melintasi Fehmarnbelt. Atau ada rute yang lebih panjang melalui jembatan antara Pulau Zealand, Funen dan semenanjung Jutlandia.

Selanjutnya, terowongan bawah laut Fehmarnbelt dimulai pengerjaannya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA