Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Okt 2020 11:35 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Nasional Komodo Ditutup Sementara Selama Proyek Pembangunan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
komodo di Loh Liang
Komodo Foto: (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Balai Taman Nasional Komodo menutup sementara Resort Loh Buaya di Pulau Rinca NTT. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka penataan sarana pra sarana wisata alam.

Penutupan resmi dilakukan mulai hari Senin (26/10/2020) hingga 30 Juni 2021. Pengumuman tersebut dikeluarkan lewat surat pengumuman Balai Nasional Taman Komodo pada Minggu (25/10).

"Menutup sementara Resort Loh Buaya, SPTN Wilayah I Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo terhitung sejak tanggal 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021 dan akan dievaluasi setiap 2 (dua) minggu sekali."

Menurut isi dari surat pengumuman, pembangunan sarana pra sarana Resort Loh buaya yang terdiri dari dermaga, pusat informasi wisatawan, jalan jerambah, penginapan ranger hingga naturalist guide akan tetap mengutamakan keselamatan satwa komodo. Setidaknya ada 15 dari 30 ekor komodo yang sering terlihat di lokasi.

Untuk menjaga keselamatan satwa, khususnya komodo, briefing harian secara konsisten dilakukan oleh petugas, pekerja maupun pengawas pembangunan. Selain itu juga mengoptimalkan kegiatan ekowisata di daratan untuk dilakukan di Resort Loh Liang, SPTN Wilayah II Pulai Komodo dan Resort Padar Selatan, SPTN Wilayah III Pulau Padar.

Menghindari penyebaran virus COVID-19, pelaksanaan pembangunan sarana pra sarana wisata alam serta aktivitas ekowisata di dalam kawasan TN Komodo akan terus menjaga protokol kesehatan.

Penutupan sementara akan dievaluasi secara berkala dengan memperhatikan perkembangan pembangunan sarana pra sarana wisata alam di Resort Loh Buaya.

Beberapa waktu lalu, warganet dihebohkan dengan foto komodo di Taman Nasional Komodo yang sedang berharapan dengan truk. Pemandangan tak biasa ini berada di pembangunan 'Jurrasic Park' di Pulau Rinca.

Pembangunan yang mengundang pro kontra dari masyarakat ini pun memicu kekhawatiran akan keselamatan komodo.



Simak Video "Jurassic Park Vs Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA